Kamis, 14 Desember 2023

Dandim 0702/Purbalingga Pimpin Upacara Hari Juang TNI AD Ke- 78

 

 




PURBALINGGA - Kodim 0702/Purbalingga menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Ke- 78 di Lapangan Markas Kodim Purbalingga, (15/12/2023).

Pada pelaksanaannya selaku Inspektur Upacara Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol, Komandan Upacara Danramil 01/Purbalingga Kapten Cba Sutarmo, Perwira Upacara Danramil 08/Bobotsari Kapten Inf Imam Tabiin dan diikuti oleh Prajurit serta PNS jajarannya.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban membacakan amanat KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. tentang Hari Juang TNI AD yang merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Saat itu, Jenderal Soedirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan dipertempuran Ambarawa. Meski dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah dan terus memimpin pasukan.

Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jenderal Soedirman menjadi inspirasi bagi kita semua.

"Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema " TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI". Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita terus memperkuat kemanunggalan TNI - Rakyat meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Kemanunggalan TNI AD -Rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Di era globalisasi saat ini kita menghadapi berbagai macam tantangan seperti perang asimetris, perubahan iklim dan konflik sosial.

Selain itu, kita juga berperan aktif dalam pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan tanggungjawab bersama, termasuk TNI AD.

TNI AD memiliki kemampuan dan potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam. Kita dapat berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam, restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan. Untuk itu dengan semangat Hari Juang TNI AD ini, mari kita bersama sama memperkuat kemanunggalan TNI AD - Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Mari kita wujudkan cita cita para pahlawan, menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaktif serta selalu siap sedia untuk membela keutuhan NKRI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar