Senin, 15 Januari 2024

Koramil 07 Kejobong Bersama OPD Persiapan Pelaksanaan Sub PIN Polio 2024

 

 




PURBALINGGA - Koramil 07/Kejobong, Kodim 0702/Purbalingga, Korem 071/Wijaya Kusuma bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tingkat Kecamatan Kejobong melaksanakan apel bersama dalam rangka persiapan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024, di Halaman Kantor Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, (16/1/2024).

Dengan menindaklanjuti Instruksi Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, dimana dalam pelaksanaan program vaksinasi tersebut melibatkan seluruh mitra Pemerintah di Wilayahnya.

Kepala Puskesmas Kejobong Waryanto selaku pimpinan apel menyampaikan, jika dengan adanya kasus Polio di Klaten yang diduga kasus penularannya dari daerah Madura. Maka perlu dilaksanakan SUB Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang diperuntukkan bagi semua anak sejak berusia 0 tahun sampai dengan anak berusia 7 tahun, 11 bulan lebih 29 hari atau anak berusia dibawah 8 tahun yang ada di wilayah UPTD Puskesmas Kejobong.

"Polio merupakan penyakit yang penularannya melalui virus didalam perut dan akan keluar melewati kotoran. Untuk itu perlu dilakukannya pola hidup sehat, diantaranya berupaya membuang sampah pada tempatnya dan adanya jamban keluarga di setiap rumah", ungkapnya.

Selain itu, pihaknya menjelaskan, jika SUB PIN Polio akan dimulai pada tanggal 15 sampai dengan 20 januari 2024 mendatang, dilaksanakan di Posyandu, Sekolah SD/MI, TK RA serta Sweeping dari rumah ke rumah, agar terlaksananya sasaran semua anak dari berusia 0 tahun hingga anak berusia dibawah 8 tahun. Sehingga perlu adanya sinergi antar intansi agar Program Nasional ini dapat terlaksana secara baik dan sukses.

"Polio tidak dapat diobati, namun bisa dicegah. Penyakit Polio biasanya ditandai dengan gejala demam selama empat hari dan dihari ke lima penderita mengalami kelumpuhan", pungkasnya menjelaskan.(Pen-0702)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar