Selasa, 23 Januari 2024

Koramil Karangreja Gelar Karya Bakti Pembersihan Material Tanah Lonsor

 

 




PURBALINGGA- Koramil 09/Karangreja Kodim 0702/Purbalingga Korem 071/Wijaya Kusuma, melaksanakan serbuan teritorial karya bakti dan penanaman pohon di Dukuh Sipetung Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, (24/01/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kapten Inf M Iskandar Danramil 09/Karangreja mengatakan, kegiatan karya bakti ini merupakan bentuk sinergitas Instansi yang ada di Kecamatan Karangreja dan masyarakat untuk bahu membahu membersihkan tanah longsor yang terjadi akibat hujan deras.

“Dengan dilakukan secara bersama-sama, tentunya pekerjaan yang berat akan terasa ringan, seperti pada hari ini kita bersihkan material tanah longsor yang terjadi di Desa Siwarak,” kata Danramil.

Lanjut Danramil 09/Karangreja, tidak hanya kita bersihkan material tanah longsor saja, tapi dalam kegiatan ini juga kita lakukan penanaman pohon untuk mencegah terjadinya tanah longsor, karena kondisi tanah disini daerah pegunungan.

“Manfaat penanaman pohon bisa mencegah terjadinya tanah longsor, selain itu akan banyak menghasilkan oksigen sehingga mengurangi dampak pemanasan global dan jika terjadi hujan lebat, akar pohon akan menyerap air sehingga akan mencegah terjadinya banjir,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Siwarak Suparno mewakili warganya mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI Polri yang telah melakukan karya bakti pembersihan material tanah longsor dan penanaman pohon di desa kami.

“Semoga kegiatan ini kedepan terus dilakukan, sehingga membantu meringankan beban masyarakat akibat tanah longsor dan menumbuhkan semangat gotong royong serta kelestarian alam tetap terjaga,” harapannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar