Selasa, 16 Mei 2023

TMMD Desa Karangbawang Bekali Masyarakat Tentang Bahaya Narkoba

 



PURBALINGGA - Selain sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I di Desa Karangbawang juga menyasar kegiatan non fisik seperti adanya berbagai penyuluhan.

Salahsatunya pembekalan masyarakat tentang bahaya narkoba melalui penyuluhan oleh Badan Narkotika Nasional Purbalingga di Balai Desa Wlahar, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, (16/5/23).

Pada kesempatan tersebut Badan Narkotika Nasional Purbalingga Awan Pratama menyampaikan, narkotika merupakan zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang dapat menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang.

"Penyalahgunaan narkoba pada tubuh manusia akan mengakibatkan gangguan pada jantung, gangguan peredaran darah, dehidrasi yang membuat tubuh mengalami kejang-kejang, halusinasi, perilaku agresif dan rasa sesak bagian dada, hemoprosik, pernapasan tidak akan bekerja dengan baik serta akan lebih mudah merasakan lelah, hilang ingatan, lalu dapat terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDSHepatitis dan TBC," terangnya.

Sementara Pgs Perwira Seksi Teritorial Kodim 0702/Purbalingga melalui Bintara Staf Teritorial Sertu Kukuh Krisnadi turut menuturkan, dengan adannya penyuluhan dari Badan Narkotika Nasional Purbalingga kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba serta menyelamatkan masyarakat maupun generasi muda dari bahaya narkoba.

"Penyuluhan bahaya narkoba dengan harapan agar masyarakat maupun generasi muda tidak mendekati atau mengenalnya, setelah mengetahui akan dampak dan bahaya narkoba tersebut," tutur Sertu Kukuh Krisnadi. (Mk




Tidak ada komentar:

Posting Komentar