Rabu, 10 Mei 2023

TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim Purbalingga Sasar Desa Karangbawang

 

 




PURBALINGGA – Program Operasi Bakti TNI melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0702/Purbalingga kembali dilaksanakan. Kali ini melalui TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2023, Kodim 0702/Purbalingga menyasar sejumlah pekerjaan fisik dan non fisik serta sasaran tambahan lainnya di Desa Karangbawang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan dengan tema “Sinergi Loyalitas Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” akan berlangsung selama 30 hari sejak tanggal 10 Mei 2023 hingga 8 Juni 2023 mendatang.

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan penandatanganan berita acara penyerahan program TMMD dari Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi kepada Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol selaku Dansatgas TMMD. Penyerahan berita acara dilaksanakan di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga saat Upacara Pembukaan TMMD, Rabu, (10/5/2023).

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0702/Purbalingga Kapten Arm Wahyudi Seno H., A.Md selaku Perwira Pelaksana dalam laporannya menyebut TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0702/Purbalingga kali ini dilaksanakan di Desa Karangbawang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, dengan sasaran fisik yang akan dilaksanakan yaitu pembangunan jalan baru sepanjang 909 M x lebar 7 M dan makadam sepanjang 176 M x 5 M.

Selain itu pembangunan pendukung lainnya seperti gorong-gorong 2 unit, dengan volume panjang17 M x L 1 M x T 1,2 M x 7 M juga turut dibangun.

“Disasaran non fisik akan dilaksanakan penyuluhan bidang mental ideologi, bidang kesadaran bela negara, bidang kesadaran berbangsa dan bernegara, bidang Kamtibmas, bidang kesejahteraan masyarakat dan kegiatan penyuluhan berbagai materi lainnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat,” terangnya.

Sementara Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dalam amanatnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0702/Purbalingga beserta jajarannya.

“Terima kasih setinggi-tingginya kepada  Komandan Kodim 0702/Purbalingga beserta jajarannya yang bekerjasama dengan Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga dan seluruh pihak terkait dengan harapan kegiatan TMMD sebagai wahana untuk membangun desa,” ungkapnya.

Bupati menambahkan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I merupakan wujud sinergitas TNI, Polri, pemerintah daerah hingga desa, masyarakat dan seluruh stake holder dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Dandim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol menyampaikan, pelaksanaan pembukaan TMMD kali ini menyasar Desa Karangbawang Kecamatan Rembang.

“Ada 2 sasaran kegiatan yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik membuka jalan sepanjang 909 M, dilanjutkan pembangunan makadam dan gorong-gorong dan kegiatan non fisik berupa sosialisasi penyuluhan diberbagai bidang,” katanya.

Menurutnya dengan kegiatan TMMD ini dapat terpelihara komunikasi yang baik antara TNI, Polri, Pemda, masyarakat dan unsur-unsur lintas sektoral lainnya. Tujuannya untuk mewujudkan kestabilan, kemajuan dan kesejahteraan di wilayah pedesaan khususnya Desa Karangbawang.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD ini.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kelancaran TMMD Sengkuyung ini,” pungkasnya menjelaskan.

Dalam kegiatan tersebut juga turut diserahkan dana bantuan untuk rehab dua Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari PMI dan Baznaz Kabupaten Purbalingga yang merupakan program sasaran tambahan pada pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2023 maupun bantuan lain dari pemerintah daerah dan lainnya. (RP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar