Rabu, 04 November 2020

Kodim 0702/Purbalingga Gelar Penyuluhan Kesehatan Penyakit Degeneratif dan Covid-19

 




PURBALINGGA- Guna mencegah penyakit Degeneratif dan Covid-19 yang sekarang ini sedang mewabah, Kodim 0702/Purbalingga gelar penyuluhan kesehatan kepada prajurit dan PNS Kodim 0702/Purbalingga dari Klinik Pratama Kartika 03 Purbalingga, bertempat di Aula Makodim Jl. S. Parman No. 01, Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, (04/11/2020).

Dalam sambutan mengawali kegiatan penyuluhan Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han menyampaikan tentang penyuluhan Penyakit Degeratif dan Covid-19 hari ini merupakan kesempatan yang baik bagi semua, sehingga kita bisa lebih mengetahui tentang apa itu penyakit Degeratif dan Covid-19 serta bagaimana penularannya hingga pencegahannya.

“Kepada semua yang hadir agar memperhatikan, memahami dan akhirnya dapat mensosialisasikan kepada keluarga serta masyarakat sekitar kita, untuk itu tanyakan apabila kalau ada hal-hal yang belum dimengerti dan dipahami, sehingga kita dapat mengantisipasi secara dini untuk mencegah penyakit tersebut, baik dikeluarga  maupun lingkungan masyarakat sekitar,” kata Dandim.

Sementara itu, tim penyuluh kesehatan dari Klinik Pratama Kartika 03 Purbalingga dr. Dian dalam paparannya menyampaikan penyakit Degeneratif mengacu pada kondisi kesehatan seseorang yang terjadi akibat memburuknya suatu jaringan atau organ seiring berjalannya waktu, hipertensi, diabetes, stroke dan penyakit jantung termasuk kedalam penyakit Degeneratif.

 “Faktor gaya hidup bisa meningkatkan resiko terkena penyakit Degeneratif diantaranya konsumsi makanan yang tidak sehat, kurang berolahraga, merokok dan konsumsi minuman beralkohol,” terangnya.
Ancaman penyakit Degeneratif seperti obesitas, jantung coroner, hipertensi, stroke, diabetes melitus dan kanker menghantui manusia di umur 40 tahun keatas.

“Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi serta perkembangan kehidupan yang sangat dinamis, menyebabkan gesekan nilai dalam masyarakat. Akibat hal tersebut terjadi perubahan gaya hidup yang meyebabkan peningkatan penyakit Degenaritif, yang mengarah pada kualitas penurunan hidup serta produktifitas kerja,” jelasnya.

Sementara itu dalam penyuluhan kesehatan tentang Covid-19, dr. Dian Wijayanti menjelaskan gejala Covid-19 pada tubuh akan terjadi demam tinggi, badan terasa letih, lemas, lemah dan bibir kering, sesak nafas dan rontgen dada memberikan gambaran adanya perubahan di kedua paru.
Vaksinasi dan pengobatan Covid-19 saat ini belum tersedia dan belum di temukan vaksinya. Vaksin yang diambil untuk pneumonia akibat mikroorganisme yang lain. Pengobatan bersifat surpotif sesuai gejala yang ada.

“Pencegahan Covid-19 dengan selalu menerapkan standar protokol kesehatan yaitu gunakan masker saat batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah-buahan, rajin berolahraga serta istirahat yang cukup, bila badan terasa tidak enak segera periksa ke fasilitas kesehatan, ”terangnya.

 (Pendim 0702/Purbalingga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar