Senin, 22 April 2019

Babinsa Bersama Kader Lakukan PSN




PURBALINGGA - Babinsa Kelurahan Purbalingga Wetan Koramil 01/Purbalingga Kodim 0702/Purbalingga Serma Agus J bersama Puskesmas dan Kader PKK Kel Purbalingga Wetan melakasanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilanjutkan pemantauan jentik nyamuk ke rumah warga. Minggu (21/4)

Giat tersebut mengajak masyarakat terlibat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan membersihkan dari jentik nyamuk. Menjaga lingkungan yang bersih dan sehat merupakan suatu upaya pencegahan penyakit dari berbagai gangguan kesehatan, khususnya penyakit-penyakit berbasis lingkungan yang tidak bersih dan sehat seperti diare, filiriasis, TB paru, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), malaria, Cikunguya, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit berbasis lingkungan lainnya.

Serma Agus Juwair mengatakan, ‘’penyakit yang disebarkan oleh nyamuk sebagai vektor tak sebatas demam berdarah dengue (DBD). Karena itu tiap rumah harus memastikan bebas dari jentik nyamuk guna untuk menghadang penyakit tersebut.’’ Ujarnya.

Melalui Babinsa, kegiatan Pemantauan Jentik Nyamuk dan Lingkungan, dilakukan pengecekan langsung, di tempat-tempat penampungan air, di rumah-rumah warga. “Kita akan dukung sepenuhnya program PSN di wilayah Kelurahan Kober ini. Yang kita laksanakan bersama-sama dengan instansi terkait”, ucap Babinsa Kel Gatan di sela-sela kegiatan.

“Dilaksanakannya pemberantasan sarang nyamuk, bertujuan agar masyarakat terbebas dari serangan penyakit demam berdarah (DB) atau demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti, jenis nyamuk ini merupakan dapat membawa virus dengue, penyebab penyakit demam berdarah saya menghimbau dan mengharap kepada warga untuk selalu menjaga lingkungan, karena dengan lingkungan yang bersih dan sehat, warga terhindar dari segala macam penyakit,”tegasnya.

“Mari kita tingkatkan kepedulian dan kebersihan lingkungan dengan selalu membersihkan selokan-selokan dan tempat penampungan air , Karena nyamuk berkembang di tempat yang lembab,”pungkasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar