Kamis, 23 Juli 2020

Tekan Meningkatnya Kasus DBD, Kelurahan Kembaran Kulon Menjadi Pilot Project Pembentukan KBJ





PURBALINGGA__Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenkes RI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Membentuk Kawasan Bebas Jentik (KBJ) di kelurahan Kembaran Kulon, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga (22/7/2020).

Program ini digencarkan sebagai upaya untuk  mengurangi risiko perkembangan penyakit menular melalui gigitan nyamuk.
Pembentukan Kawasan Bebas Jentik di  Kelurahan Kembaran Kulon tidak lepas dari tingginya kasus DBD di Purbalingga.

Seperti dikutip dari Radar Banyumas edisi April 2020 sesuai pernyataan Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga drg. Hanung Wikantono, MPPM melalui Kasi P2PM Dinkes Purbalingga Aji Sumbodo," Memasuki bulan ketiga tahun 2020, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Purbalingga terus bertambah, data kasus DBD per 31 Maret   hingga mencapai 104 kasus. Dari jumlah tersebut, dua orang di antaranya meninggal dunia," ungkapnya.

Selanjutnya disampaikan oleh Kasi P2PM DKK Purbalingga Aji Sumbodo selaku narasumber dalam kegiatan bahwa Kelurahan Kembaran Kulon menjadi pilot project pembentukan KBJ di Kecamatan Purbalingga.

" Melalui pemberdayaan masyarakat yang dimotori  Forum Kesehatan Kelurahan Kembaran Kulon kita jadikan pilot project KBJ, hal ini sebagai upaya menghapus status kawasan endemik DBD di wilayah kerja Puskesmas Purbalingga," terangnya.

Babinsa Koramil 01/Purbalingga untuk Kelurahan  Kembaran Kulon Serma Imam Apriyadi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan pihaknya siap mendukung program kegiatan KBJ di wilayah binaannya.

" Dari TNI Khususnya Koramil 01/Purbalingga siap mendukung program pembentukan pilot project KBJ di Kelurahan Kembaran Kulon, bila nantinya ada kegiatan PSN maupun Fogging Koramil 01/Purbalingga siap dilibatkan dalam pelaksanaanya," tegasnya.

(Pendim 0702/Purbalingga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar