Kamis, 15 Oktober 2020

Babinsa Koramil 04/Kutasari, Dampingi Pemakaman Warganya dengan Prosedur Covid-19

 




PURBALINGGA-- Babinsa Koramil 04/Kutasari Sertu Fajiantoro beserta 2 orang anggota  melaksanakan pendampingan pemakaman dengan protocol pemakaman Covid-19 di TPU Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, (16/10/2020).

Almarhum berinisial TS (52) adalah warga Desa Kajongan yang meninggal di RSUD Goeteng Tanudibrata karena Covid-19.

Menurut keterangan dari pihak keluarga, pasien tidak pernah bepergian keluar daerah kemudian pada hari senin, 12 Oktober 2020 pasien sakit dan cek di Puskesmas Bojongsari karena mempunyai riwayat sakit tipes, lambung dan gula tinggi serta sesak dada sehingga dirujuk ke RSUD Goeteng Tanudibrata Purbalingga.

Di Rumah sakit diadakan PCR /Swab Test dengan hasil positif Covid-19 sehingga diisolasi di RSUD Goeteng Tanudibrata Purbalingga. Selama kurang lebih 4 hari karantina di RSUD Goeteng dan pada hari ini tanggal 16 Oktober 2020 sekitar pukul 01.30 Wib pasien dinyatakan meninggal dunia oleh Dokter RSUD Goeteng.
Kemudian jenasah tidak dibawa pulang kerumah duka langsung ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Kajongan, pada pukul 09.50 WIB pasien langsung dimakamkan sesuai protokoler Covid-19 yang diikuti oleh kurang lebih 25 orang.

Disela-sela pendampingan pemakaman, Babinsa Sertu Fajiantoro mengharap kepada warga yang hadir dalam proses pemakaman, untuk menjaga jarak dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, dirinya meminta agar pihak keluarga melaksanakan sterilisasi di rumah dan lingkungan sekitar, guna memutus penyebaran virus.

“Akhir-akhir ini banyak warga yang dimakamkan dengan prosedur pemakaman Covid-19. Semoga ini dapat menjadi acuan kita agar lebih berhati-hati saat beraktifitas keluar rumah. Gunakan masker, jaga jarak aman, dan rajin cuci tangan, sehingga penyebaran virus ini dapat ditekan,” imbaunya.

Babinsa juga meminta kepada pihak keluarga untuk tidak mengadakan acara tahlilan dengan skala besar, sehingga meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Bojonsari agar tidak meluas.

“Semoga almarhum diterima amal ibadahnya, diampuni segala dosa serta khilafnya dan ditempatkan di tempat yang layak di sisi-Nya, Amin,” tandas Sertu Fajiantoro.

(Pendim 0702/Purbalingga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar