Senin, 21 Desember 2020

Babinsa dan Pemdes Cegah Penyebaran Covid-19

 

 


PURBALINGGA--Babinsa Koramil 02/Kaligondang Kodim 0702/Purbalingga Serka Lasmoko turut mengamankan jalannya proses pemakaman jenazah warga binaannya sesuai dengan protokol Covid-19. Pemakaman dilakukan di TPU Pemakaman Katholik Santo Agustinus Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, ( 21/12/2020).


Berdasarkan informasi yang didapat Babinsa  mengatakan warga yang meninggal dunia yaitu seorang perempuan berinisial CT (57) warga RT 01 RW 06 Kadus 4, Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang. Yang bersangkutan meninggal dunia di RS Nirmala Purbalingga, mempunyai riwayat sakit sesak nafas dan positip Covid-19. Oleh pihak RS dinyatakan meninggal dunia pada hari Senin tanggal 21 Desember 2020 pukul 04.00 WIB.

Disampaikan Babinsa Serka Lasmoko bahwa sebelum dilaksanakan pemakaman pihaknya bersama Bhabinkamtibmas telah melakukan kordinasi dengan pemerintah desa setempat dan warga. Hasilnya baik Pemerintah Desa Penaruban dan warga setempat sudah sepakat tidak ada penolakan terhadap pemakaman jenazah tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak desa dan masyarakat, hasilnya meski tanpa penolakan namun kita tetap kawal pemakaman warga tersebut dengan tujuan agar kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

Selain melakukan pengamanan Babinsa juga  mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga yang berduka, kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh Babinsa sebagai sarana silahturahmi dengan pihak keluarga dan warga di sekitarnya serta sekaligus sebagai media penyampaian Babinsa untuk memberikan imbauan tentang pencegahan  penyebaran Covid-19 dengan mengikuti prorokol kesehatan.

Di tempat yang sama  Pemerintah Desa Kalikajar mengatakan akan mengadakan musyawarah dengan instansi lain dan  Babinsa untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19.

”Langkah-langkah yang diambil selanjutnya antara lain melakukan penyemprotan disinfektan di rumah duka dan dilaksanakan rapidtes untuk keluarga serumah serta yang pernah kontak dengan pasien,” katanya.


( Pendim 0702/Purbalingga)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar