Minggu, 06 Desember 2020

Jelang Masa Tenang Pilkda, TNI Turut Dampingi Penertiban APK dan APS

 

 



PURBALINGGA-Jelang pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar esok pada 9 Desember 2020 di Kabupaten Purbalingga, sambut masa tenang puluhan  petugas gabungan yang terdiri dari TNI Koramil 04/Kutasari, Polsek Kutasari, Satpol PP dan Panwascam Kutasari melaksanakan penertiban segala bentuk Alat Peraga Kampanye (APK) maupun Alat Peraga Sosialisasi (APS) serta bentuk atribut Pilkada lainnya tahap ke-2 yang masih ada di 14 desa wilayah Kecamatan Kutasari,(6/12/2020).

Kegiatan dimulai dengan melaksanakan apel bersama yang dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Kutasari.

Dalam kesempatan ini seperti disampaikan oleh Eko selaku Panwascam Divisi Penindakan, bahwa kegiatan penertiban ini merupakan salah 1 program KPU.

"Terima kasih kepada seluruh petugas yang terlibat membantu kegiatan ini, perlu diketahui bersama bahwa salah 1 program kegiatan KPU menjelang masa tenang Pilkada diantaranya adalah pembersihan APK, APS dan segala bentuk atribut yang terkait dengan pelaksanaan Pilkada dalam rangka mewujudkan Pilkada yang kondusif dan damai," ungkapnya.

Turut pula disampaikan oleh Danramil 04/Kutasari Kapten Arm Wahyudi Seno bahwa keterlibatan dirinya beserta anggota dalam penertiban ini sebagai upaya menciptakan kondusifitas di wilayah.

"TNI dalam hal ini Koramil 04/Kutasari Kodim 0702/Purbalingga selama Pilkada bertugas melaksanakan perbantuan kepada Polri maupun Pemerintah Daerah. Kami juga menjaga wilayah teritorial mengantisipasi, mendeteksi segala kemungkinan yang dapat terjadi di lapangan yang dapat mengganggu atau menggagalkan jalannya Pilkada.
Garda terdepan pada penertiban ini sesuai Tupoksi adalah Satpol PP, hal ini didasarkan pada UU No. 23 Tahun 2014, Pasal 255 ayat (1), berbunyi “Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat". Dalam penertiban ini selain TNI, Polri, Satpol PP juga dibantu oleh PPD, PPS,PTPS, KPPS dari 14 desa yang ada di Kecamatan Kutasari," terangnya.

(Satria Ferry_Pendim 0702/Purbalingga)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar