Kamis, 01 November 2018

Babinsa Desa Sempor Serda Teguh Riyadi melaksanakan Pendampingan pemberian Bantuan Bibit Pisang


PURBALINGGA. Pisang merupakan tanaman yang multimanfaat. Seperti kelapa, nyaris seluruh bagian tanaman pisang, mulai dari akar, batang, bunga, buah hingga daun, dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia. Nah, jika ingin meraih rezeki berlipat-lipat maka tanamlah pisang, demikian tutur Serda Teguh Babinsa Desa Brecek pada Pendampingan pemberian Bantuan Bibit Pisang kepda warga masyarakat Desa Sempor lor wilayah binaannya. (2/11)

Ditemui di wilayah binaannya Desa Sempor lor, Serda Teguh mengimbau, petani hendaknya lebih selektif dalam memilih komoditas tanaman yang hendak dijadikan tumpuan. Sebab jika salah memilih bukan keuntungan yang didapat, tetapi kerugian yang akan dituai.

Sebagai tawaran, tuturnya, budidaya pisang bisa menjadi pilihan yang cocok. “Karena, pisang lebih mudah dikembangkan tak tak terlalu rewel pada kondisi tanah dan umumnya cocok untuk lahan di kabupaten Purbalingga. Selain itu, resikonya lebih mudah dikendalikan dibandingkan komiditas pertanian perkebunan lainnya.”

Imbuh Serda Teguh, tanaman pisang termasuk dalam kategori tanaman yang jarang terserang hama, sehingga lagi-lagi resiko kegagalan bisa diminimalkan. “Hanya saja, dalam bertanam, tetap harus menggunakan teknologi yang tepat guna dan sasaran,” ujarnya.

Untuk jumlah pendistibusian bantuan bibit pisang di Desa Sempor Lor sejumlah penerima 40 kepala keluarga masing masing sebanyak 5 pohon terdiri dari pohon pisang Raja Bulu Kuning, selain itu masyrakat juga langsung diberikan pupuk organik sejumlah 40 karung, tiap satu karung 25 kg. (arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar