Minggu, 11 November 2018

Perbaiki Saluran Drainase, Babinsa Desa Banjarsari Ajak warga Masyarakat Kerja Bhakti


PURBALINGGA. Pemukiman merupakan pusat segala kegiatan manusia, pusat perdagangan, pusat produsen, sekaligus pusat konsumen. Di daerah pemukiman tinggal banyak manusia, banyak terdapat fasilitas umum, transportasi, komunikasi, dan sebagainya , salah satunya saluran drainase di daerah pemukiman penduduk yang menerima tidak hanya air hujan, tetapi juga air buangan (limbah) rumah tangga dan limbah pabrik. Hujan yang jatuh di wilayah pemukiman kemungkinan besar terkontaminasi manakala air itu memasuki dan melintasi atau berada pada lingkungan pemukiman tersebut. 

Bukan hanya itu kurangnya kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap pentingnya kebersihan drainase juga merupakan penyebab terjadinya permasalahan pada sistem drainase pemukiman penduduk. drainase yang seringnya terjadi banjir pada saat hujan deras ditambah sampah yang menumpuk di dalam drainase yang mengakibatkan air tidak mengalir secara lancar dan menyebabkan banjir di kawasan tersebut. (8/11)

Akan pentingnya hal tersebut Babinsa Desa Banjarsari Setu Nanang dengan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat mengajak seluruh warga masyarakat untuk bersama sama secara gotongroyong memperbaiki saluruan drainase yang ada di sekitar pemukiman di wilayah binaannya sehingga pada saat musim penghujan nantinya setidaknya akan mempermudah pembuangan air.

” Selain mencegah banjir saluran drainase nantinya juga untuk meningkatkan kesehatan lingkungan pemukiman, Dapat mengurangi genangan-genangan air yang menyebabkan bersarangnya nyamuk malaria dan penyakit-penyakit lain, seperti demam berdarah, disentri serta penyakit lain yang disebabkan kurang sehatnya lingkungan pemukiman serta 

Untuk memperpanjang umur ekonomis sarana-sarana fisik antara lain, jalan, kawasan pemukiman, kawasan perdagangan dari kerusakan serta gangguan kegiatan akibat tidak berfungsinya sarana drainase,” Ungkap Sertu Nanang dalam kegiatan tersebut. (arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar