Rabu, 07 November 2018

Dukung Progam STBM, Babinsa Kutasari Hadiri Sosialisasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS)


PURBALINGGA - Babinsa Koramil 04/Kutasari Dim 0702/Purbalingga Pelda Dwi Bagus Menghadiri Sosialisasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga (Puskesmas Kutasari) di Balai Pendopo Kecamatan Kutasari kabupaten Purbalingga Jepara yang di ikuti sekitar 35orang.(6/11)

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kutasari Sutisno,S Sos,Kapolsek Kutasari Akp Bambang Sidik, SH,Danramil 04/Kutasari yang diwakili Pelda Dwi Bagus,Dinas Kesehatan Purbalingga Dedi Yanto Nugroho SKM, Kepala Puskesmas Kutasari Puji Feriyanto beserta anggotanya serta Seluruh Kepal Desa Se Kecamatan Kutasari.

Dedi Yanto Nugroho SKM dalam sambutannya menyebutkan bahwa Strategi Nasional STBM yang di progamkan pemerintah memiliki indikator outcome, yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. Sedangkan indikator output-nya adalah sebagai berikut (1) Tidak BAB sembarangan (Stop BABS), (2) Mencuci tangan pakai sabun (CTPS), (3) Mengelola air minum dan makanan yang aman, (4) Mengelola sampah dengan benar, (5) Mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

Disebutkan juga dalam sambutannya Sanitasi saat ini sudah merupakan urusan bersama. Tidak lagi terbatas hanya sebagai wewenang dari satu dinas tertentu tetapi sudah meluas ke berbagai penggiat yang ada baik di pemerintahan maupun non pemerintahan. STBM sebagai program nasional di bidang sanitasi memerlukan koordinasi lintas sektor untuk membuat program ini berjalan baik, jelasnya.(arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar