Minggu, 11 Agustus 2024

Desa Pasunggingan Gelar Ngaji Budaya Pagelaran Wayang Kulit

 




PURBALINGGA - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke- 79 dan memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, Desa Pasunggingan menggelar ngaji budaya pagelaran wayang kulit bersama Ki Dalang Haryo Entus Susmono di Halaman Balai Desa Pasunggingan, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga, (11/08/2024).

Kegiatan tersebut disertai dengan pemberian santunan kepada anak yatim piyatu, yang dihadiri oleh Danpos Koramil Pengadegan Peltu Mujiono bersama unsur Forkopimcam.

Danpos Koramil Pengadegan Peltu Mujiono, memberikan apresiasi kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah bersama-sama menyelenggarakan Peringatan Tahun Baru Islam sekaligus Ngaji Budaya melalui Pagelaran Wayang Kulit yang dikemas dalam peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024.

"Tentunya kita semua berharap momentum ini dapat meningkatkan rasa syukur kita atas segala keberkahan yang Allah SWT berikan kepada kita semua, khususnya bagi seluruh masyarakat Desa Pasunggingan", ujarnya.

Peltu Mujiono menjelaskan, bahwa pentingnya Warisan Budaya Bangsa untuk dilestarikan, guna melestarikan budaya seni wayang di tengah arus modernisasi yang kian pesat.

"Dengan diadakannya acara ini supaya masyarakat dan generasi muda mengenali serta memahami warisan budaya Indonesia salah satunya wayang", jelasnya.

Ia berharap, agar masyarakat dan generasi muda dapat mengenali serta menyadari bahwa wayang kulit adalah warisan budaya yang sangat penting untuk dilestarikan, karena didalamnya tak hanya sebagai tontonan saja namun dijadikan sebagai tuntunan.

"Wayang merupakan produk budaya dari kanjeng sunan atau para wali dalam penyebaran agama Islam, yang tentunya ini sangat penting dipahami sebagai salah satu media untuk berdakwah dengan jalur budaya. Harapannya generasi muda dan masyarakat bisa paham setiap tokoh wayang memiliki karakter kehidupan yang bisa dijadikan pelajaran," harap Peltu Mujiono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar