Jumat, 23 Agustus 2024

Peran Babinsa Gambarsari Cegah Penyakit Demam Berdarah

 

 



PURBALINGGA - Sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) harus menjalani tugas dan tanggungjawab di desa binaannya, adalah Serma Sakuri salah satu Babinsa Koramil 06 Kemangkon turut berperan aktif dalam mencegah penyakit demam berdarah.


Babinsa Serma Sakuri bersama Tim Kesehatan Puskesmas beserta Kader Kesehatan setempat melaksanakan agenda rutin Pemberantasan Jentik Berkala (PJB) di Desa Gambarsari, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, (23/8/2024).


Babinsa Serma Sakuri menuturkan, jika kegiatan tersebut merupakan pemantauan secara rutin jentik nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dan hasilnya akan dievaluasi serta akan ditindaklanjuti oleh Instansi terkait.


"Kami sangat mendukung, karena hal ini merupakan tindakan prefentip dalam mencegah penyakit demam berdarah yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti", tuturnya.


Selanjutnya Serma Sakuri berpesan, selain peran kader kesehatan, diharapkan masyarakat harus turut berperan aktif memantau jentik secara mandiri, sehingga perkembangannya dapat dicegah.


"Pemantauan jentik dengan cara mengecek pada penampungan air di dalam rumah (bak mandi, bak WC, ember, alat masak, dst) dan di sekitar rumah dengan memberikan penerangan menggunakan senter ke obyek tujuan serta memperhatikan apakah terdapat jentik atau tidak", ujarnya.


Bidan Desa Gambarsari Anisa Kurnia Vigati menjelaskan, jika tujuan Pemberantasan Jentik Berkala (PJB) yaitu memastikan bahwa setiap rumah bebas dari jentik nyamuk yang menjadi sarang penyakit dan menurunkan populasi nyamuk serta memberantas sarang nyamuk.


"Kegiatan rutin ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, tentang pentingnya menjaga kesehatan pribadi maupun kebersihan lingkungan, guna mengantisipasi wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penularannya", jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar