Minggu, 09 Februari 2020

Basmi Sarang Nyamuk Babinsa Sinduraja Dampingi Fogging




PURBALINGGA__Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dengan didampingi Babinsa melakukan pengasapan (fogging) untuk membasmi dan mencegah nyamuk Demam Berdarah (DBD) dengan megambil sasaran di wilayah RT 01/ RW 03 Desa Sinduraja Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.(7/2/2020)

Babinsa harus peduli kondisi wilayah binaannya salah satunya yaitu terhadap kesehatan masyarakat di lingkungannya dimana salah satunya yaitu berperan aktif di masyarakat dengan membantu dinas kesehatan melakukan penyemprotan/fogging.

Serda Agus Nugroho Babinsa Koramil 02/Kaligondang untuk Desa Sinduraja di sela-sela kegiatan Fogging mengatakan,” nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk.
“Hal yang paling penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur,” tuturnya.

Ditambahkan, dalam mencegah gigitan nyamuk juga dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan, obat anti lotion, nyamuk bakar, elektrik, semprot dan Fogging.
Namun, apabila tidak diperhatikan dengan baik, penggunaan obat anti nyamuk tersebut sebenarnya berbahaya bagi manusia karena dapat memberikan efek samping, sehingga ada baiknya warga perlu mengetahui aneka obat-obatan untuk pengusir nyamuk baik herbal, alami, maupun buatan.

“ Kebersihan lingkungan adalah salah satu faktor utama untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk jagalah kebersihan lingkungan seperti menyingkirkan genangan air, rutin memantau saluran air, selokan/parit, membuang sampah pada tempatnya dan lain-lainya,“ ucapnya.

Sementara itu Aji Petugas Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga selaku penanggung jawab dilapangan mengungkapkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Babinsa yang selalu mendampingi dan membantu untuk melakukan Fogging sebagai upaya memberantas perkembangbiakan nyamuk.
“Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk”,katanya.
(Pendim0702/Purbalingga)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar