Senin, 03 Februari 2020

Hujan Deras Robohkan Rumah Warganya, Babinsa Tanggap Darurat Cek Kondisi




PURBALINGGA__Nasib naas menimpa Sadan(60) warga Kelurahan Purbalingga Kidul RT 3/ RW 2 Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga, hujan dan aliran sungai yang deras mengguyur wilayahnya mengakibatkan longsor dan mengakibatkan dua kamar belakang miliknya roboh.(3/2/2020)

Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh diantaranya erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan, sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertambah curam seperti kondisi yang dialami rumah milik Sadan berada di pinggir tebing aliran Sungai Gringsing dan terdampak erosi karena hujan.

Sertu Sumardi Babinsa Kelurahan Purbalingga Kidul Koramil 01/Purbalingga Kodim 0702/Purbalingga segera melaksanakan cek dilapangan kondisi warganya setelah mendapatkan informasi. Dipastikan kondisi warganya aman Sertu Sumardi segera berkoordinasi dengan aparat Pemerintahan Kelurahan Purbalingga Kidul dan selanjutnya berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Purbalingga yang rencananya besok pagi akan melaksanakan kerja bhakti pembuatan bronjong darurat untuk mengantisipasi bencana lanjutan dampak dari erosi tersebut.
Kerugian material yang diderita Sadan sendiri ditaksir mencapai lima juta Rupiah karena dua kamarnya roboh terdampak erosi sedangkan kerugian jiwa nihil.
(Pendim0702/Purbalingga)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar