Kamis, 09 Maret 2023

Tim Binkom Sintelad Gelar Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial di Kodim Purbalingga

 

 


PURBALINGGA - Kodim 0702/Purbalingga melaksanakan kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial oleh Tim Binkom Mabesad yang dipimpin Kolonel Inf R. Moch. Iskandarmanto, S.E kegiatan tersebut berlangsung di Aula Makodim, Jalan S. Parman, Bancar, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, (8/3/2023).


Kehadiran Kolonel Inf R. Moch. Iskandarmanto, S.E selaku ketua Tim Binkom Mabesad bersama anggota Kaugar Spaban 1/Ren Sintelad Kapten Cku. Santoso, S. E dan Baru Data Spaban/Ren Sintelad Serda Mantoni disambut baik oleh Kasdim 0702 Purbalingga Mayor Inf Ahmad bersama Perwira lainnya.


Pada kesempatan tersebut Kepala Staf Kodim 0702/Purbalingga Mayor Inf Ahmad menyampaikan, jika kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) dari Mabesad merupakan suatu upaya membantu pencegahan terjadinya konflik terutama di wilayah Kodim 0702 Purbalingga.


"Guna menjaga kondusifitas wilayah, seluruh stakeholder terkait, para tokoh agama, tokoh masyarakat maupun semua komponen masyarakat harus bisa saling menjaga kerukunan dan solidaritas di wilayah,"ungkapnya.


Kemudian pihaknya berharap, agar semua komponen masyarakat dapat saling menjaga serta mencegah terjadinya konflik sosial, Kodim 0702 Purbalingga mengajak semua komponen masyarakat mencegah secara dini kemungkinan terjadinya potensi konflik.


Sementara Kolonel Inf R. Moch. Iskandarmanto, S.E membacakan sambutan Asintel KASAD, disampaikannya jika negara Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama dan bahasa tentunya rawan terjadinya konflik vertikal dan horizontal. Dalam konflik yang terjadi, maka pemerintah harus dapat meredam dan mencegah konflik sosial dan menjaga kondusifitas bersama-sama.


Tahun 2024, Indonesia akan melaksanakan Pemilu dan Pilkada, pada hakekatnya pemiilu merupakan sarana untuk memilih Presiden dan Pilkada untuk memilih Gubernur atau Bupati, namun di tahun politik tingkat kerawanan konflik akan meningkatKonflik bukan tanggungjawab Pemerintah saja, tetapi tanggungjawab bagi kita semua.


Kegiatan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial Kodim 0702 Purbalingga melalui ceramah dan tanya jawab. Kemudian beberapa penekanan disampaikan agar segenap komponen bangsa harus menjaga persatuan dan kesatuan. Apabila terjadi hal menonjol agar segera dilaporkan kepada pihak yang berwenang khusus aparat wilayah," Tutupnya. (Mk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar