Sabtu, 21 Desember 2019

Babinsa sebagai Ujung Tombak TNI AD di Wilayah




PURBALINGGA__ Babinsa merupakan anggota TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan nasional. Babinsa bertanggung jawab atas pelaporan dan pengawasan kondisi demografi, kondisi sosial masyarakat yang berdampak pada pertahanan keamanan nasional. Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI AD yang langsung turun ke tempat kejadian saat ada bencana banjir, gempa bumi, penyelundupan, transaksi gelap atau kedatangan kapal asing di perairan Indonesia yang bisa mengancam keamanan dan segala problema kendala yang ada di masyarakat wilayah binaannya. Secara umum tugas seorang Babinsa adalah membina teritorial. Ia menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional, Babinsa dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya. Setiap saat pemetaan diaktualkan sehingga jika terjadi sesuatu di wilayahnya ia sudah tahu oleh karenanya setiap perkembangan situasi yang terjadi di wilayah Babinsa harus mengetahuinya seperti yang dilaksanakan Koptu Sukirman Babinsa Sirandu Koramil 09/Karangreja saat mengikuti Rakor pengembangan irigasi Desa Sirandu yang mengambil tempat di Balai Desa Sirandu dengan dihadiri sekitar 40 orang. (19/12).

Dalam sambutannya Kades Sirandu Sukaryo K menyampaikan,"Pemerintah Desa Sirandu akan mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk pengembangan saluran irigasi dengan harapan hasil dari petani lebih baik meningkat dari hasil semula,"Harapnya.

Hal senada ditambahkan Ketua BPP Kecamatan Karangjambu Budiman yang turut hadir," harapannya dengan adanya penambahan anggaran dari desa petani khususnya harus lebih giat dalam pertanian untuk menghasilkan produk panen lebih banyak tetapi kita harus belajar pertanian dengan petunjuk yg benar," tegasnya.

Di tempat yang sama Koptu Sukirman selaku Babinsa juga turut menambahkan," kedepannya program pembangunan maupun rehabilitasi jaringan irigasi harapannya dapat terus berjalan untuk membantu produktivitas para petani sehingga dapat mensukseskan program pemerintah melalui program UPSUS ketahanan pangan menuju Indonesia swasembada pangan," Pungkasnya.
(Pendim0702/Purbalingga).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar