Minggu, 19 Februari 2023

Dandim Purbalingga Resmikan Tugu Markas

 

 




PURBALINGGA - Pelaksanaan Upacara 17-an  Kodim 0702/Purbalingga pada tanggal 17 Februari 2023 nampak berbeda dari biasanya.

Hal ini karena di dalam rangkaian kegiatan Upacara 17-an turut dilaksanakan kegiatan Peresmian Tugu Gerbang Masuk Markas Kodim 0702/Purbalingga.

Tugu atau gerbang masuk tersebut sebelumnya memang telah ada, namun untuk renovasi agar lebih indah, gagah dan berwibawa di bawah kepemimpinan Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol, tugu gerbang masuk dan beberapa bangunan Kodim lainnya secara swadaya turut direnovasi.

Menurut Dandim, tugu gerbang masuk sejak awal diresmikan hingga saat ini belum ada dana rehab perbaikan, sehingga dengan berbagai upaya dan dukungan dari berbagai pihak Tugu Gerbang Masuk Kodim 0702/Purbalingga kini direhab.

"Secara swadaya dan dengan dukungan berbagai pihak Tugu Gerbang Masuk Kodim 0702/Purbalingga direhab untuk turut mewujudkan Purbalingga yang lebih rapi, indah dan berwibawa sekaligus sebagai ikon atau ciri khas Kota Purbalingga," ungkapnya menjelaskan.

Sebagai informasi, letak Markas Kodim 0702/Purbalingga yang dahulu adalah bekas kantor Asisten Residen (AR) yaitu kantor  Pegawai Negeri tertinggi di suatu Afdeling pada masa penjajahan Belanda, untuk mempermudah komunikasi dan pengawasan saat itu tata letaknya dibangun berada lurus di ujung ruas jalur jalan utama Kota Purbalingga atau dibangun lurus dengan Alun-alun atau kantor pusat Pemerintahan Kabupaten Purbalingga sehingga posisinya merupakan bangunan yang strategis untuk dapat dilihat siapapun yang melintas Kota Purbalingga. (SF)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar