Senin, 23 September 2019

Babinsa Koramil 01/Purbalingga Turut Serta Pada Bazar Panganan Lokal



Purbalingga. Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) menyelenggarakan bazar produk Pangan Lokal dan Hasil Perikanan dan Lomba Masak Cipta Menu yang diikuti peserta pelaku UMKM dan binaan TP PPK Kab. Purbalingga, Kab. Banjarnegara dan Kab. Cilacap yg di hadiri lebih kurang 1000 orang. bertempat di halaman parkir Gor Goentoer Djarjono

Kepala DKPP Purbalingga Ir Sediyono menyampaikan tujuan dari bazar ini salah satunya yakni mempromosikan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan).
“Tujuan kegiatan ini mempromosikan dan memperkenalkan produk pangan serta hasil perikanan beserta manfaatnya sehingga diharapkan akan mendukung Gemarikan dan peningkatan angka konsumi ikan di Purbalingga yang masih rendah,’ katanya.

Adapun peserta yang meramaikan bazar ini yakni dari Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklasar) prduk perikanan DKPP Purbalingga, Poklasar Dinnakkan Banyumas, Poklasar DKPP Banjarnegara Subdivre Bulog Banyumas, pagyuban pedagang ikan hias pelaku usaha toko tani Indonesia, dan sebagianya.

Babinsa Koramil 01/Purbalingga Serma Imam Apriadi pada kegiatan tersebut menuturkan pada kegiatan Bazar ini diantaranya mengenalkan produk yang ditampilkan antara lain produk olahan ikan seperti empek empek, siomay kaki naga, lele krispi, krispi mujaer, abon lele, nuget ikan, bandeng presto dan krupuk ikan. Produk pangan lokal lain yaitu produk pangan yang diolah dari non beras, penjualan telur, dawet ganyong, berbagai jenis ikan hias, beras yang dipasarkan dalam rangka ikut mengendalikan inflasi daerah.tuturnya

“adapun tujuan dari peserta di luar Purbalingga, agar kegiatan ini lebih kompetitif dalam menghasilkan produk, sehingga satu sama lain terdorong saling ada peningkatan kualitas dan saling berbagi daerah pemasaran,” katanya.

Bagi masyarakat yang mengunjungi bazar ini juga tentu terdorong kreatifitasnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu gizi berimbang, beragam dan aman yang berbasis sumber daya lokal.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Purbalingga (Dyah Hayuning Pratiwi. SE, B econ, MM), ketua DPRD Kab. Purbalingga, Sekda Kab. Purbalingga. (Wahyu Kontardi , SH) jajran Asisten Bupati Purbalingga, Kepala DKPP Kab. Purbalingga. (Ir. Sediyono), Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (Drs. Susetyono, MPA), Perwakilan dari Kab. Banjarnegara dan Kab. Cilacap, Camat se Kab. Purbalingga, Ketua TP PPK Kecamatan, desa/Kelurahan se Kab. Purbalingga, Peserta Bazar dan lomba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar