Rabu, 18 September 2019

Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Lirik Keindahan Wisata Golaga (Goa Lawa Purbalingga)




Purbalingga. Sambil Meninjau Persit di Jajarannya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, Ny. Anita Dani Wardhana bersama dengan rombongan pengurus persit Pusat mengunjungi objek wisata Golaga (Goa Lawa Purbalingga) di dampingi Ketua Persit Ranting 10 Karangreja Ny Riswanto. (18/9)

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, Ny. Anita Dani Wardhana dan rombongan sebelum di perkenalkan sejarah tetang berdirinya Golaga ini. “ Gua Lawa terbentuk akibat dari sungai lava atau aliran lava yang keluar dari kepundan gunung api di masa silam. “Lava merupakan material cairan panas yang berpijar-pijar. Jika mengalami kontak dengan udara atau air sehingga menjadi dingin, maka terbentuklah batuan. Bisa dilihat dalam fenomena yang terjadi di Gunung Kilauea.

Dalam proses pembentukan Gua Lawa, lava keluar dari Gunung Slamet purba. Pusat kawahnya bukanlah kawah yang ada saat sekarang. Lava yang keluar dari kawah menuruni lembah membentuk sungai.
“Saat lava keluar ke permukaan dan kontak dengan udara, maka lava menjadi dingin, kemudian berubah menjadi batu yang keras. Tetapi tidak dengan aliran lava pada bagian dalam. Di bawah lava membeku, masih ada yang cair dan terus mengalir. Maka, lava bagian atas membentuk selubung dan kubah-kubah keras. Sedangkan ruang bawah di mana lava cair mengalir, membentuk ruang kosong yang kemudian menjadi gua. Jejak sungai lava tersebut telah mendingin dan menyisakan bebatuan di dalam gua,”

gua tersebut sebetulnya baru mulai diketahui tahun 1978. Ketika itu, ada petani Desa Siwarak di Kecamatan Karangreja yang melihat ribuan kelelawar beterbangan dari sebuah lubang. Karena penasaran, warga kemudian melakukan penelusuran dan ternyata menemukan sebuah lubang besar yang ternyata adalah gua sebagai sarang kelelawar. Akhirnya, Pemkab Purbalingga menamakannya Gua Lawa dan diresmikan sebagai destinasi wisata pada 30 November 1979. paparnya Pemandu.

Terliat antusias sekali Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, Ny. Anita Dani Wardhana bersama dengan rombongan dan sangat menyukai keidahan yang ada di wisata alam Golaga (Goa Lawa Purbalinga) dan menuturkan “ suatu saat saya akan berkunjung lagi, tuturnya. (Pendim 0702)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar