Jumat, 27 September 2019

Pendampingan pembagian giliran air irigasi.





Purbalingga__irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air irigasi untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak.


Dalam dunia modern, saat ini sudah banyak model irigasi yang dapat dilakukan manusia. Saat ini jika persediaan air mencukupi karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke daerah irigasi lahan pertanian.Daerah irigasi adalah kesatuan lahan yang mendapat air dari satu jaringan irigasi.


Dalam musim kemarau panjang ini debit air pastinya mengalami penurunan dimana artinya jumlah air yang mengalir pastinya sedikit sedangkan tanah mengalami daya serap tinggi,hal ini lah yang kadang membuat warga sering berebut bahkan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi keributan untuk menguasai sebanyak banyaknya aliran irigasi ke daerah irigasi lahan pertanianya.


Sebagai Babinsa Jatisaba di beberapa hari menjelang MPP(Masa Persiapan Pensiun) Sertu Iskandar pun turut serta ambil bagian mendampingi pembagian air dari saluran irigasi di wilayah binaannya desa Jatisaba untuk mencegah hal yang tidak di inginkan demi kesejahteraan bersama warga..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar