Jumat, 18 September 2020

21 Orang Warga Kecamatan Bobotsari Ikuti Progam TNI Manunggal KB Kes

 



PURBALINGGA--Babinsa Koramil 08/ Bobotsari jajaran Kodim 0702/Purbalingga turut serta melaksanakan pelayanan KB dalam rangka kegiatan TNI Manunggal KB Kes di Puskesmas Bobotsari Jalan Rs. Yosomiharjo No.16, Dusun 3, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, (18/09/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala Puskesmas Bobotsari Sujarwo,S.IP, S.KM beserta anggotanya, Babinsa Koramil 08/Bobotsari Sertu Syaiful beserta 2 anggota, Koordinator PLKB Ruswanto beserta 2 anggota, Kader Posyandu dan Peserta KB sebanyak 21 orang.

Kepala Puskesmas Bobotsari Sujarwo,S.IP, S.KM dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan program ini diikuti oleh 21 orang. 5 orang menggunakan kotrasepsi IUD dan 16 orang menggunakan kontrasepsi implant,  kontrasepsi jenis ini memang lebih banyak diminati oleh masyarakat karena masa pemakaianya yang lama.

“ Bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan sebelum melahirkan ada baiknya merencanakan program KB atau menggunakan alat kontrasepsi yang aman seperti IUD dan implant guna mencegah terjadinya kehamilan yang begitu cepat, dengan arti memberi jarak kehamilan pertama dengan kehamilan kedua,” ungkapnya.

“ Adapun tujuan KB adalah meningkatkan kesejahteraan ibu, anak dalam rangka mewujudkan NKKBS ( Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan jumlah kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk ” tambahnya.

Ditempat yang sama Babinsa Sertu Syaiful mengatakan,” manfaat mengikuti progam KB adalah mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, menurunkan angka kematian ibu, menurunkan angka kematian bayi dan menjaga mental keluarga,” katanya.

Dalam Kegiatan ini masyarakat menyambut dengan antusias untuk menerima pemasangan alat kontrasepsi secara gratis yang dilaksanakan di Puskesmas Bobotsari. Dalam pelaksanaanya tetap menggunakan prosedur protokol kesehatan.

( Pendim 0702/Purbalingga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar