Selasa, 29 September 2020

Ketua Persit KCK Cabang XVII Melaksanakan Anjangsana ke Home Industri Bulu Mata

 



PURBALINGGA-- Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVII Kodim 0702/Purbalingga Ny. Naning Decky Zulhas beserta pengurus melaksanakan anjangsana ke tempat Ariana Saputra pengrajin bulu mata RT 7 RW 6, Dusun III, Desa Gemuruh, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, (28/09/2020).

Ketua Persit KCK XVII Kodim 0702/Purbalingga mengatakan anjangsana tersebut salah satu kegiatan persit dalam bidang usaha untuk menambah wawasan dan pengalaman bagi anggotanya tentang usaha bulu mata.

“Maksud kedatangan kami ketempat ini adalah yang pertama melakukan silahturohmi dengan masyarakat Desa Gemuruh dan selanjutnya ingin mengetahui bagaimana cara membuat bulu mata secara lansung,” ucapnya.

Mayoritas masyarakat Desa Gemuruh untuk menambah pengasilan sampingan membuat home industri pengrajinan bulu mata. Untuk model-modelnya bervariasi dari yang berhelai tebal, berhelai jarang dan tebal bagian ujung.

“Industri rumahan semacam ini perlu dikembangan dengan inovasi dan kreasi yang mengikuti tren masa kini sehingga para konsumen bisa lebih memilih banyak model dan variasi, tingkatkan kreativitas supaya usaha terus berkembang,” katanya.

Ditempat yang sama pengrajin bulu mata Ariana Saputra mengucapkan terima kasih kepada ketua Persit Kodim Purbalingga dan rombongan yang telah menyempatkan datang kerumah kami, dan seperti inilah proses pembuatan bulu mata.

“Pertama cabut tiga helai rambut dari kumpulan potongan rambut yang terbungkus kertas lalu menekuk ketiga helai rambut itu dan memegangnya dengan tangan kiri. Dengan bantuan alat di tangan kanannya, rambut itu dipasang pada seutas benang yang ujung-ujungnya terikat dengan paku. Dengan gerakan sigap, ketiga helai rambut itu sudah terikat dalam satu simpul di benang tersebut,” jelasnya.

“Bagi pemula pembuatan bulu mata ini sangatlah rumit, tapi bagi kami ini adalah mudah karena setiap hari kami lakukan kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

(Pendim 0702/Purbalingga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar