Kamis, 07 Maret 2019

Danpos Ramil Bojongsari Hadiri Danpos Ramil Bojongsari Hadiri Sosialisasi ,Edukasi Gerakan Pos Mas Dan Bank Sampah





PURBALINGGA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga, Rabu (6/3) menyelenggarakan Pencanangan Gerakan Pilah Olah Sampah Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Gerakan POS EMAS) yang bertempat di bale Desa Kajongan Kec Bojongsari Kab Purbalingga.
 
.
Kabid Dinas LH kab. Purbalingga Sukirto S.Pd Msi menjelaskan “Kita targetkan tahun 2023 bebas sampah. Kalau Indonesia diprogramkan bebas sampah tahun 2025. Purbalingga mendahului dua tahun, insya allah bisa. Purbalingga akan menjadi tempat yang paling nyaman bagi warganya,”.

Ia menjelaskan, makna dari bebas sampah disini bukanlah bebas sampah yang berserakan dan hanya dibuang ke tempat sampah. Melainkan sampah menjadi terpilah dan termanfaatkan, sehingga tidak ada istilah sampah tertimbun percuma. Oleh karenannya perlu adanya gerakan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), diantaranya mengurangi penumpukan sampah, menggunakan kembali sampah yang masih layak pakai dan mendaur ulang sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna.

Bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2018 ini, pihaknya akan mencanangkan sebuah gerakan, dimana gerakan ini merupakan langkah pemerintah daerah melalui DLH dalam rangka mengatasi permasalahan sampah. Seperti yang diketahui bersama beberapa waktu yang lalu, Purbalingga mengalami darurat sampah.

“Dari kejadian tersebut, kita bisa mengambil hikmah bahwa permasalahan sampah tidak bisa dianggap enteng. Produksi sampah yang terus menerus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi, dan gaya hidup masyarakat telah meningkatkan jumlah timbunan sampah, jenis dan karakteristik sampah,” kata Sukirto S.Pd Msi dalam acara yang dihadiri oleh Danpos Ramil Bojongsaro Koramil 04/Kutasari Peltu Rudi, Dari Puskesmas Wawan Andrianto, Kades Kajongan yang diwakili sekdes Makmur beserta perangkatnya, Ketua BPD dan anggota Desa kajongan, Ketua RT Se Desa Kajongan dan ibu ibu PKK.(cc.red)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar