Selasa, 19 Maret 2019

Dandim 0702/Purbalingga Dampingi Dirjen tanaman pangan RI Berikan Alsintan




PURBALINGGA - Bertempat di Rice Mill Kaligawe desa Kalitinggar Kec. Padamara Kab. Purbalingga Komanda Kodim 0702/Purbalingga bersama Forkopimda hadiri peresmian dan penyerahan bantuan Ultra Violet Dryer oleh Dirjen tanaman pangan Republik Indonesia dan Plt Bupati Purbalingga

Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE. B.Econ.MM dalam sambutannya mengatakan Kehadiran Pak Dirjen ditengah - tengah kita untuk memberi semangat kepada kita semua, kepada kadang tani dan Gapoktan agar lebih giat dalam mengolah lahan dan ditanami dengan bibit kualitas unggul sehingga produksi meningkat dan akan meningkatkan kesejahteraan bagi para petani.

Lebih lanjut Mba Tiwi sapaan akrab Plt Bupati Purbalingga menjelaskan bahwa Pemerintah Purbalingga terus menggenjot sektor pertanian dan Alhamdulillah produksi pertanian sumbangan PDB hampir 30%. di bidang ketahanan pangan th 2018 Kab Purbalingga surplus beras 69.000 ton itu semua hasil kerja keras para kadang tani, Poktan dan Dinas terkait dalam mengelola pertanian di Kab. Purbalingga.

Di ahir sambutanya Plt Bupati Purbalingga mengatakan Bantuan dari pemerintah pusat lewat kementrian pertanian adalah untuk masyarakat desa Mipiran yaitu UV Dryer sangat diperlukan petani untuk menjaga kualitas hasil panen.
Terutama saat musim panen berbarengan dengan tingginya curah hujan. Pada kondisi penghujan, hasil panen tidak bisa terjaga kualitasnya karena petani hanya mengandalkan pengeringan dengan mengandalkan sinar matahari

Pada kesempatan yang sama Dirjen tanaman pangan RI Dr Sumarjo Gatot Irianto MSc juga memberikan UV Dryer kepada pengelola agar dipelihara dengan baik untuk mengeringkan padi, jagung dan kopi karena prosesnya lebih cepat, sehingga hasilnya lebih baik tidak rusak dan nilai jual meningkat.

Tahun 2018 luas lahan pertanian di Jateng sudah berkurang 15.000 ha, kenapa harus terus menanam padi karena yang makan jalan terus tiap hari harus dikasih makan dari lahan pertanian kita. Lahan pertanian jangan terlalu lama menganggur tapi harus segera diolah dan digerakan untuk menanam padi sehingga sehingga kebutuhan pangan tercukupi.tuturnya.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Dirjen tanaman pangan Kementrian Pertanian Dr Sumarjo Gatot Irianto MSc,Ketua BPK RI Prof. Dr. H. Rizal Djalil, Dandim 0702/Pbg Letkol Inf. Yudhi Novrizal S.I.P, M.Han, Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE. B.Econ.MM,.Kepala Dinpertan Kab Purbalingga Ir.Lili Purwati Kepala BPP Kec. Padamara Endang Fajarini S.P,Forkopimcam Padamara,Kades Kalitinggar dan Kades Mipiran Kec. Padamara, Ketua Gapoktan se Kec. Padamara, Anggota Poktan Margo Mulyo 3 Desa Mipiran.(cc.red)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar