Senin, 01 Juli 2019

Babinsa Koramil 02/Kaligondang Hadiri Musrenbang di Wilayah Binaannya




PURBALINGGA - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Nusrenbangdes) musyawarah dalam rangka proses pembahasan, penilaian dan penentuan priroritas usulan rencana pembangunan di desa yang melibatkan berbagai komponen masyarakat yang ada di suatu desa untuk merumuskan pembangunan.

Berkaitan dengan hal tersebut anggota Babinsa Slinga Koptu Sutiyoso Koramil 02/Kaligondang Kodim 0702 Purbalingga turut hadir dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang dilaksanakan di Pendopo.Balai Desa Slinga.

Dalam Musrenbangdes tersebut dibuka Camat Kaligondang yang di wakili Kasi PMD bapak Imam Saebari, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Musrenbangdes di laksanakan guna merencanakan pembangunan dari tingkat desa dengan mengedepan skala prioritas sesuai dengan kebutuhan desa yang paling mendesak di segala bidang.

Lebih lanjut Imam Saebari mengatakan , segala kegiatan yang ada harus di lakukan dengan profesional dan proporsional sesuai dengan standar operasional prosedur dan di laksanakan bertahap sesuai SOP (Standart Operasional prosedur).

Adanya Musrenbangdes guna menampung Aspirasi yang disampaikan masyarakat untuk dilaksanakan sesuai dengan kemampuan anggaran.Disampaikan juga bahwa Semua kegiatan harus terencana (Planing,Organising,Aktiving dan controling) harus dilaksanakan”, ujarnya.

Proses pembangunan desa yang melibatkan peran serta warga masyarakat ini sering juga disebut dengan proses pembangunan partisipatif. Konsep musyawarah desa ini juga dimaknai sebagai ruang dan kesempatan berinteraksi antar warga untuk mendiskusikan sesuatu yang berkaitan dengan proses perencanaan pembangunan desa secara partisipatif.

Proses ini berakhir dengan pengambilan kesepakatan atau pengambilan keputusan bersama tentang program atau kegiatan prioritas untuk wilayah yang bersangkutan.

Hadir pada kegiatan tersebut Kasi PMD bapak Imam Saebari, Babinsa Desa Slinga Koptu Sutioso,Babinkamtibmas Desa Slinga,Kades dan Perangkat,Ketua BPD Desa Slinga Anggita serta masyarakat Desa Slinga.(Pendim 0702/Pbg)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar