Rabu, 29 Januari 2020

Keseruan Lomba Balap Becak pada Festival Jenderal Soedirman Tahun 2020 Kabupaten Purbalingga




PURBALINGGA__Dalam rangka turut memeriahkan Festival Jenderal Soedirman ke -4 tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Kodim 0702/Purbalingga mengadakan lomba balap becak pada Selasa (28/1/2020).

Kegiatan ini sangat meriah karena mendapat perhatian masyarakat yang rindu kegiatan semacam ini hingga penonton menjadi antusias berebut tempat untuk menyaksikan lomba balap becak tersebut.

Sebanyak 200 tukang becak dari berbagai kategori umur ikut andil menjadi peserta lomba balap becak sebagai utusan dari perwakilan Paguyuban becak di Seluruh Kabupaten Purbalingga dengan menunjukan ketangkasan mengayuh becak di lintasan lomba di seputaran Alun-alun Purbalingga.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ., M.M, mengatakan," Lomba kayuh becak ini dilaksanakan utamanya untuk mempererat tali silaturahmi antar tukang becak bersamaan dengan acara Festival Jenderal Soedirman Tahun 2020 Kabupaten Purbalingga.
Hal ini juga merupakan bagian dari bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam melestarikan kearifan lokal budaya daerah untuk mempertahankan keberadaan transportasi becak yang dimiliki masyarakat Purbalingga turun temurun sejak dahulu yang ramah lingkungan," Ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0702/Purbalingga sekaligus sebagai penanggungjawab umum kegiatan Festival mengatakan di depan awak media, "Lomba becak didasarkan pada pertimbangan historis alat transportasi tradisional tersebut. Becak ini khas
Purbalingga sebagai alat transprortasi rakyat yang perlu dilestarikan, salah satu caranya menurut kami ya semacam lomba ini,” ujar Dandim.

Pantauan di arena lomba, pemandangan yang cukup kocak pun terlihat saat peserta berusaha beradu cepat , berpacu merebut juara di lintasan yang berjarak kurang lebih 600 meter. Para peserta yang tampak biasa mengendalikan becak pun terlihat kesulitan mengayuh untuk saling mendahului becak-becak rivalnya.

Terlihat Gelak tawa pecah tak terelakkan muncul dari jajaran Forkompimda dan ratusan warga di sepanjang lintasan saat menyaksikan balapan tersebut.

Dalam lomba balap becak ini juga diadakan pemberian sembako sebagai tali asih pemerintah Kabupaten Purbalingga kepada para peserta lomba.

Berhasil menduduki juara tercepat Lomba Balap Becak berturut-turut adalah Sukarso Dirin, Suhardi, Slamet Surianto, Juara I mendapatkan uang pembinaan Rp 500.000, Juara II Rp 300.000 dan Juara III Rp 200.000.
(Pendim 0702/Purbalingga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar