Minggu, 12 Januari 2020

Penuhi Kebutuhan Sarana Air Bersih di Masyarakat, Anggota Kodim 0702/Purbalingga Hadir Ikuti Koordinasi




PURBALINGGA__Air bersih adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Air begitu penting bagi kehidupan karena air merupakan salah satu prasyarat untuk mengukur kualitas hidup manusia dalam konteks kualitas hidup dimana lebih spesifik lagi yaitu dalam konteks kesehatan.

Air bersih itu sendiri merupakan salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari, termasuk diantaranya sanitasi, yakni segala upaya yang dilakukan untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan.

Berkaitan dengan sarana kebutuhan air bersih yang akan diambil oleh masyarakat dari sumber air milik Perhutani maka berbekal kedekatannya dengan masyarakat dan Perhutani wilayah Banyumas, Serka Widyo anggota Kodim 0702/Purbalingga turut hadir ikuti rapat koordinasi tentang air bersih dari lereng Gunung Slamet di Pos Perhutani Lipak Gombong Desa Karangjengkol Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga,(11/1/2020).

Selain Serka Widyo turut hadir pula masing-masing desa 1 orang dari 5 desa (Cendana, Karangjengkol, Candiwulan,Karangcegak, Candinata) beserta Babinsanya dari masing-masing desa tersebut termasuk turut serta dua orang dari Polsek Kutasari Polres Purbalingga.

Tujuan kumpul perwakilan dari lima desa adalah untuk berkoordinasi membahas pemeliharaan sarana air bersih, dimana air tersebut sudah diambil dari hutan pinus oleh Perhutani untuk wilayah Lipak Kuwus dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dari 5 desa tersebut.

Serka widyo hadir mengikuti jalannya koordinasi dengan warganya sehingga disepakati bahwa warga di 5 desa diperbolehkan ikut mengambil air bersih tersebut namun dengan membuat perjanjian agar tetap mengikuti aturan yang telah disepakati yaitu boleh mengambil air bersih dengan hanya menggunakan paralon 1/2 dim saja untuk menjaga pasokan debit air, "Terangnya.

Dari hasil kesepakatan tersebut akhirnya dibentuklah panitia PAM air bersih dari lereng Gunung Slamet yang diwakili oleh lima desa dalam pemeliharaan sarana air bersih bersama Perhutani, koordinasi aman dan tertib atas peran serta semua pihak terutama Serka Widyo anggota Kodim 0702/Purbalingga yang berperan serta dalam memberikan usulan tentang pemeliharaan air bersih untuk kemaslahatan masyarakat banyak.
(Pendim 0702/Purbalingga).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar