Selasa, 07 Januari 2020

Siap Tanggap Atasi Bencana di Wilayah Purbalingga, Apel Siaga Personil dan Perlengkapan Bencal Digelar




Purbalingga--- Menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi saat musim penghujan saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, TNI Polri serta instansi pemerintahan menggelar apel siaga bencana di halaman Pendopo Dipo Kusumo Kabupaten Purbalingga. (8/1/2020)

Apel Kesiapsiagaan bencana alam dipimpin langsung oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon., MM yang  diikuti jajaran Forkopimda Kabupaten Purbalingga serta personil TNI, Polri dan anggota BPBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes serta sejumlah relawan tanggap bencana.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon., MM mengatakan, bahwa pelaksanaan apel siaga bencana yang dilakukan oleh Pemkab bersama-sama dengan TNI-Polri dan instansi terkait sebagai wujud nyata kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana di tahun 2020.

“Bencana alam terjadi secara mendadak dan tidak dapat diprediksi. Karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar-lintas pemangku kepentingan sehingga penanganan yang cepat bila terjadi bencana dapat dilakukan secara cepat dan bermanfaat. Sehingga hal yang lebih buruk tidak terjadi,” terang Bupati,

Selain itu pada kesempatan apel gelar kesiapsiagaan Bencal Bupati Purbalingga mengintruksikan seluruh aparat Pemerintahan Desa untuk membentuk satgas penanggulangan bencana di tiap-tiap Desa dan melakukan piket selama 1X24 Jam secara bergantian untuk siap sedia dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana alam yang terjadi diwilayah masing-masing,"Tutupnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal S.I.P., M.Han disela-sela peninjauan gelar perlengkapan siaga bencal mengungkapkan, Kondisi geografis Kabupaten Purbalingga yang kompleks, terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi dan banyaknya aliran sungai yang ada sangat rentan terhadap terjadinya bencana.

“Dengan adanya apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan mengantisipasi bencana alam di Kabupaten Purbalingga ini diharapkan dapat mengefektifkan dan mengoptimalkan serta menyatukan langkah dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di Kabupaten Purbalingga,” terangnya.

Kodim sebagai satuan kewilayahan akan senantiasa siap kapan saja untuk digerakan membantu masyarakat yang terkena musibah dan akan mengambil langkah awal melalui para Babinsa di satuan jajarannya untuk senantiasa melakukan pendekatan dan pemahaman tentang antisipasi terjadinya bencana alam di masing-masing wilayah, tutup Dandim.
(Pendim 0702/Purbalingga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar