Senin, 23 Januari 2023

Danramil 01/Purbalingga Hadiri Sosialisasi Pembangunan Daerah Irigasi Slinga

 



PURBALINGGA—Danramil 01/Purbalingga Kapten Cba Sutarmo bersama Babinsanya Sertu Sujadi menghadiri sosialisasi pelaksanaan pembersihan lokasi pembangunan Trase Saluran Irigasi (Land Clearing) Daerah Irigasi Slinga oleh SNVT PJPA Serayu Opak PPK Irigasi dan Rawa I. Kegiatan bertempat di Aula Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, (24/01/2023).

Dalam sosialisasi tersebut, Yuristia Dian Respati yang mewakili dari SNVT PJPA Serayu Opak PPK Irigasi dan Rawa I mengatakan, Trase jalan merupakan garis yang menggambarkan pola alinemen vertikal dan horizontal jalan pada peta topografi yang selanjutnya dianalisis sesuai dengan standar perancangan geometrik jalan, fungsi jalan, klas jalan, dan apakah jalan tersebut dibangun di dalam kota maupun luar kota.

“Hal ini dilakukan agar warga di Kelurahan Bancar bisa menerima pembangunan saluran irigasi yang bersumber dari Bendungan Slinga, kini telah selesai pada tahap I dan akan dilanjutkan pada tahap II yang akan melewati di Kelurahan Bancar,” katanya.

Tujuan pembangunan bendung dan Daerah Irigasi Slinga adalah untuk mengoptimalkan dan pemenuhan kebutuhan air irigasi guna untuk ketahanan pangan melalui peningkatan produksi pertanian serta untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan petani di daerah tersebut. Sedangkan manfaat yang diharapkan dari pembangunan bendung dan Daerah Irigasi Slinga ini adalah untuk pengembangan daerah irigasi yang semula nonteknis seluas 428 hektar menjadi teknis dengan luas 5.021 hektar.

Dalam sosialisasi tersebut, telah membuahkan kesepakatan warga dan Pemerintah Kelurahan akan menerima dan mendukung pelaksanaan pekerjaan Daerah Irigasi Slinga yang dibangun pada Tahap II, agar tenaga setempat agar dilibatkan dalam pelaksanaan pekerjaan dan kondisi jalan desa yang menjadi mobilisasi bahan, alat dan tenaga harus dilakukan peninjauan dan di dokumentasi sebelum pelaksanaan pekerjaan, kerusakan yang timbul akan dikembalikan seperti kondisi semula.

Di tempat yang sama, Danramil 01/Purbalingga Kapten Cba Sutarmo menyampaikan, pihaknya akan mendukung kebijakan pemerintah dalam hal pembangunan Daerah Irigasi Slinga, apalagi setelah di lakukan sosialisasi ini membuahkan hasil yang positif dan di sambut warga dengan baik.

“Kita selaku aparat keamanan di wilayah, akan ikut berpartisipasi mengamankan kegiatan tersebut agar bisa berjalan dengan lancar dan selesai sesuai dengan rencana,” tegasnya. (Kn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar