Senin, 23 Januari 2023

Kodim Purbalingga Lakukan Pemupukan Pertama pada Tanaman Jagung

 

 



PURBALINGGA--Dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan, Kodim 0702/Purbalingga melakukan upaya penanaman jagung di lahan Demplot seluas 2 Ha yang bertempat di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, (24/01/2023).

Pemupukan pertama di lahan jagung Demplot Kodim 0702/Purbalingga ini di lakukan oleh anggota Staf Teritorial Kodim 0702/Purbalingga Pelda Dinar Catur bersama 2 orang anggotanya yang bekerja sama dengan Gapoktan Karya Tani Desa Karangbanjar.

Di sela-sela kegiatan Pelda Dinar Catur menyampaikan, Kodim 0702/Purbalingga melakukan upaya ketahanan pangan dengan menanam jagung jenis Pioneer 27 Lumigen di laham milik masyarakat seluas 2 Ha. Untuk saat ini jagung berumur 17 hari dengan tinggi tanaman jagung kurang lebih 16 cm.

“Oleh karena itu, untuk mempercepat pertumbuhan jagung kita lakukan pemupukan pertama di lahan jagung ini dengan di bantu oleh kelompok tani Desa Karangbanjar,” kata Pelda Dinar Catur.

Lanjut Pelda Dinar Catur,“pemupukan kali ini menggunakan jenis pupuk Phonska dan Urea dengan tujuan untuk meningkatkan produksi dengan relatif cepat, serta menyuburkan media tanah yang digunakan. Selain itu, juga akan membantu menghambat hama ataupun pertumbuhan penyakit pada tanaman jagung dengan tepat sesuai dosisnya,” tambahnya.

 

Di tempat terpisah Pasi Teritorial Kodim 0702/Purbalingga Kapten Arm Wahyudi Seno mengatakan, dengan dilakukan pemupukan pertama pada tanaman jagung ini nantinya tanaman akan tumbuh dengan sehat dan nantinya hasilnya maksimal. (Kn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar