Selasa, 07 Mei 2019




PURBALINGGA. Tikus sawah merupakan hama utama tanaman padi di Indonesia yang dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman padi mulai dari proses penyemaian benih sampai panen, bahkan sampai pada proses penyimpanan. Adanya hama tikus sawah merupakan ancaman klasik bagi para petani padi karena dapat menimbulkan kerugian materiil yang tidak sedikit.

Bulan puasa tidak menjadikan penghalang bagi Babinsa Penambongan dalam membantu para petani padi yang ada di wilayah binaannya yang bekerjasama dengan pihak Dinas Pertanian Kab.Purbalingga, dan kelompok-kelompok tani, menggelar kegiatan gerakan pengendalian hama tikus sawah (Gropyok), (8/5).

Sebelum mengawali kegiatan Babinsa Desa Penambongan Serda Satria terlebih dahulu dengan melakukan briefing singkat kepada para kelompok tani yang mengikuti kegiatan gropyok tikus , dalam kegiatan tersebut Babinsa Kel Penambongan Serda Satria menyampaikan bahwa kegiatan Gropyok tikus sawah ini merupakan salah satu usaha TNI AD dalam memberikan bantuan pendampingan bidang pertanian bagi para petani padi.

“Dengan adanya kegiatan Gropyok ini diharapkan mampu menekan dan mengendalikan hama tikus sawah yang merugikan para petani. Melalui kerjasama yang baik antara Koramil 01/Purbalingga dan seluruh elemen yang hadir, semoga membantu para petani dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen padi di wilayah Kecamatan Purbalingga ini,” ungkap Serda Satria.

“Terimakasih sebesar-besarnya atas pelaksanaan kegiatan ini, semoga dapat mempererat hubungan TNI AD dan elemen terkait lainnya dalam mendukung dan mensukseskan program Ketahanan Pangan Nasional, sehingga mampu menjadikan Kabupaten Bojonegoro sebagai wilayah lumbung pangan,” tutup Babinsa Kelurahan Penambongan.

Sementara itu Dari BPP kec purbalingga DPP kordinator pengendalian hama dan penyakit
menambahkan, sehubungan dengan instruksi Menteri Pertanian bahwa para petani tidak boleh gagal panen, dan inilah wujud nyata usaha Gropyok hama tikus sawah sebagai langkah jitu dalam mengamankan dan meningkatkan kualitas panen padi para petani.

“Saya mewakili Distan dan juga masyarakat Kelurahan Penambongan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kodim 0702/Purbalingga beserta seluruh jajaranya yang sampai dengan saat ini terus proaktif berjuang bersama para petani dalam usaha mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional. Semoga para petani semakin sejahtera dan TNI AD semakin berjaya dalam menciptakan Ketahanan Pangan Nasional di NKRI ini,” pungkasnya.

Di tempat terpisah Danramil 01/Purbalingga Kapten Caj Purwanto mengatakan, dalam hal Program Upsus Swasembada Pangan pihaknya selalu terus menekankan kepada jajaran Babinsa Koramil 01/Purbalingga untuk terus membantu para petani dan selalu berkomunikasi dengan para petani sesuai wilayah binaannya masing masing dan segera melaporkan apabila ada kendala dilapangan yang berkaitan dengan para petani agar segera di carikan solusi dengan harapan program ketahanan pangan di wilayah purbalingga pada khusunya dan bangsa Indonesia pada umumnya dapat tercapai.

“ Dalam kegiatan tersebut mampu menangkap sekitar 300 ekor hama tikus sawah dengan menggunakan metode pengasapan belerang dan peralatan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengendalikan hama tikus sawah”. Ungkapnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar