Senin, 26 Agustus 2019

Danramil 03/Kalimanah Turunkan Personilnya Bersih Bersih Kali




Purbalingga. Danramil 03/kalimanah Kapten Inf Sudarno menerjunkan anggotanya pada kegiatan Jumat Bersih dengan sasaran pembersiah aliran sungai di Kelurahan Kalikabong bersama sama masyarakat dan pemerintahan dalam hal ini Dinas lingkungan hidup Kabupaten Purbalinga.

Kegiatan yang di hadiri oleh Bupati Purbalingga Diyah Hayuning Pratiwi S.E., B.Econ melibatakan komponen masyarakat , para pelajar, aktifis lingkungan dan tak terkecuali Danramil 03/Kalimanah beserta seluruh anggotanya diawali dengan kegiatan apel terlebih dahulu dilanjutkan penanaman pohon. (23/8)

Bupati Purbalingga saat memberikan sambutan mengatakan, Sungai merupakan salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan hidup sehari-hari sudah selayaknya dilakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian dan kealamiannya. Sungai yang melewati sebagian besar kota-kota besar di Indonesia kondisinya sangat memperihatinkan.

“, Namun ironisnya masih banyak warga di sekitar bantaran Kali yang masih tetap menggunakan air sungai tersebut untuk mandi, mencuci, dan buang air. Tentu saja hal itu tidak boleh didiamkan begitu saja, ”

Melalui kegiatan ini Bupati Purbalingga berharap, membangun budaya melindungi dan melestarikan sungai sebagai sumber kehidupan dan tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah sampah.

Pantauan di lapangan, tampak anggota TNI-Polri, Jajaran pemerintahan Purbalingga, Masyarakat Kelurahan Kalikabong bergotong royong melakukan pembersihan sampah dan rumput liar di sepanjang penampang sungai secara manual menggunakan garu, sabit, dan bambu. Sejumlah tempat sampah dan kendaraan pengangkut juga disiapkan pihak DLH Kota Purbalingga.

Menurut Danramil 03/Kalimanah Kapten Inf Sudarno mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan siap untuk terus memprakarsai kegiatan bersih-bersih sungai dan berharap kegiatan yang positif ini terus berkelanjutan serta mengharapkan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah lagi di sungai “

Dengan program ini pula masyarakat diharapkan akan menjadi sadar akan arti pentingnya menjaga lingkungan, termasuk didalamnya kebersihan sungai. Masyarakat mulai detik ini jangan mengulangi lagi membuang sampah di sungai karena bisa menjadi tercemar dan penyebab timbulnya bencana banjir,” pungkas Kapten Inf Sudarno. (Pendim 0702/Pbg)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar