Kamis, 24 Oktober 2019

Kodim 0702/Purbalingga bersama SMKN 1 Kaligondang laksanakan Pendidikan Ketarunaan di sekolah.




Purbalingga__Perkembangan jaman saat ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mampu untuk bersaing dengan negara lain yang telah maju. Pada era sekarang dimana perkembangan dan kemajuan teknologi sangat cepat dan tak terbendung diperlukan suatu upaya dalam menanamkan sikap disiplin di kalangan pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa, sehingga akan terbentuk masyarakat yang tertib dan sesuai dengan nilai-nilai norma yang berlaku. Kebiasaan siswa dalam melanggar aturan sekolah seperti membolos, datang terlambat, seragam tidak rapi, seragam tidak sesuai, kabur pada saat jam pelajaran, tidak mengikuti kegiatan ekstra sekolah dan lain sebagainya juga merupakan dampak dari kurangnya penanaman kedisiplinan pada siswa. Dengan maraknya pelanggaran-pelanggaran dan kenakalan Siswa, SMKN 1 Kaligondang bekerja sama dengan Kodim 0702/Purbalingga melaksanakan program pendidikan Ketarunaan bagi siswa kelas X untuk tahun Diklat 2019/2020 dengan materi dasar Ketarunaan dasar (Latdastar).

Ketarunaan memiliki arti sebagai sistem pendidikan yang menerapkan prinsip-Prinsip militer yang bertujuan untuk pendidikan karakter dan kedisiplinan namun bukan militerisasi.

Menurut Ratna Palupi,S.Pd selaku Bina prestasi SMKN 1 Kaligondang dan sekaligus sebagai Humas pada program Kegiatan Ketarunaan ini menyampaikan alasan di laksanakan program Ketarunaan ini adalah,"Untuk menyiapkan siswa mensikapi ketatnya persaingan dan standarisasi di dunia kerja industri nantinya sehingga perlu di siapkan profil yang bermoral, berkarakter, disiplin dan tentunya mempunyai jiwa pantang menyerah, bertanggung jawab serta cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi melalui Ketarunaan" Terangnya.

Ditempat yang sama Pelda Waluyo dari Kodim 0702/Purbalingga sebagai Kordinator pelatih menyampaikan," pendidikan ketarunaan dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut dengan sistem among"Pungkasnya.
(Pendim0702/Pbg)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar