Minggu, 20 Oktober 2019




Purbalingga__Danramil 03/Kalimanah Kapten Inf Sudarno ikut hadiri kegiatan pencanangan optimalisasi teknologi Trap Barrier System (TBS),teknologi sederhana penanganan hama tikus yang langsung dicanangkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE. B.Econ,M.M di Desa Sokawera Kec. Padamara.

Kegiatan yang di tandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Purbalingga, dilanjutkan dengan pengecekan langsung lokasi yang digunakan sebagai tempat perangkap tikus dengan sistem tersebut di area persawan milik petani di desa Sokawera.

Trap Barrier System adalah merupakan salah satu sistem terbaru pengendalian hama tikus pada komoditas tanaman padi dengan menggunakan plastik / terpal pada lahan dengan ketinggian 60-70 cm yang mengelilingi tanaman, dimana sistem perangkap memadukan penggunaan perangkap tikus.

Harapan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah petani mampu mengerti apa itu TBS, cara pemasangan, keuntungan dan kelebihan dari penggunaan sistem pengendalian hama tikus.

Danramil 03/kalimanah Kapten Inf Sudarno pada kesempatan tersebut mengatakan bahwasanya inovasi teknologi pengendalian hama tikus model TBS terbukti efektif dilapangan, melalui pengendalian hama tikus terpadu berbasis Trap Barrier System (TBS) sebagai perangkap tikus dalam jumlah besar secara terus menerus sepanjang musim tanam.

Keuntungan dari penggunaan TBS ini teknologinya sederhana sehingga mudah dilakukan oleh petani, bahan TBS tersedia dipasaran, pemasangan mudah, TBS tidak memberikan efek jera pada tikus sehingga tikus yang lain akan kembali terperangkap, serta dampak lingkungan kecil. pungkasnya. (Pendim 0702/Pbg)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar