Selasa, 25 September 2018

Danramil 02/Kaligondang Hadiri Percepatan Tanam Padi Gogo


PURBALINGGA – Komandan Kodim 0702/Purbalingga yang diwakili Danramil 02/Kaligondang Kapten Arh Untung Budiyono tejun langsung dan ikut menanam padi di Desa pagerandong kecamatan Kaligondang semua ini dilakaukan guna mendukung Pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional.(25/9)

Salah satunya kegiatan tersebut dilaksanakan Kodim 0702/Purbalingga dengan melaksanakan kegiatan Gerakan Percepatan Tanam padi Inpago 8 pada lahan tanah seluas 15 hektar guna pencapaian target luas tanam pada bulan April 2019 tepatnya di Dusun Pagerandong Kecamatan Kaligondang

Hadir pada penanaman Padi Inpago 8 Kepala BPTP Provinsi Jawa Tangah Dr.Ir Harwanto MSi, Kepala Dinpertan Kab.Purbalingga Ir. Lili Purwati, SP, Danramil 02/Kaligondang kapten Arh Untung Budiono, Kapolsek Kaligondang AKBP Imam Hidayat, Kepala Desa Pagerandong Tri Adi Hernowo beserta Perangkatnya , serta Ketua Poktan Sido Makmur bapak Muzaki dan seluruh petani Desa Pagerandong.

Kepala BPTP Provinsi Jateng Dr.Ir Harwanto MSi mengatakan, kegiatan gerakan percepatan tanam padi gogo yang kita laksanakan ini selain mendukung Pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan juga untuk kepentingan para petani sendiri agar produktivitas padinya meningkat sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan para petani khususnya di wilayah Kabupaten Purbalingga," tuturnya. 

Selain itu menurut, produksi bahan pangan nasional saat ini mengalami penurunan. Hal ini disebabkan sempitnya luas lahan pertanian yang produktif khususnya di pulau jawa sebagai akibat alih fungsi seperti konversi lahan sawah ditambah isu global tentang meningkatnya degradasi lahan. " Salah satu alternatif pilihan dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan adalah pendayagunaan lahan kering." Imbuh Ir.Harwanto MSi 

Lebih Lanjut Kepala Dinpertan Kab. Purbalingga Ir.Lili Purwati SP menambahkan bahwa , jenis tanaman padi yang cocok ditanam pada daerah ladang atau perbukitan adalah jenis padi gogo karena jenis padi ini berbeda dengan jenis padi yang ditanam pada area persawahan dan tidak membutuhkan banyak air dan pengolahannya pun cukup mudah. Diharapkan model pengembangan teknologi budidaya padi gogo dengan larikan gogo dan penerapan mekanisme pertanian dapat meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan produksi dan produktivitas padi lahan khususnya padi gogo di wilayah Kabupaten Purbalingga khususnya Desa Pagerandong. 

Selanjutnya diakhir kegiatan tersebut, Kepal BPTP Provinsi Jateng menyerahkan bibit padi gogo kepada para petani yang secara simbolik diterina oleh Ketua Poktan Margo Makmur Bapak Muzaki .(arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar