Rabu, 12 September 2018

Sukseskan Program Upsus Danramil Jajaran Kodim 0702/Purbalingga Hadiri Kegiatan Temu Lapang


PURBALINGGA. Upaya peningkatan produksi pertanian terus dilakukan oleh seluruh Danramil Jajaran Kodim 0702/Purbalingga untuk mendukung ketahanan pangan daerah dan nasional melalui pengembangan dan penerapan teknologi pertanian yang dapat membantu masyarakat beradaptasi dengan perubahan iklim sekaligus meningkatkan produksi usahataninya dan meningkatkan kesuburan tanah.

Salah satu upaya untuk mencapai pertanian berkelanjutan dan memperbaiki mata pencaharian melalui peningkatan hasil pertanian dengan mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah dan menjaga kelembaban tanah yang mengedepankan tiga prinsip utama yaitu, Mengolah tanah seringan-ringannya hingga tidak diolah samasekali, Menutup permukaan tanah serapat-rapatnya secara terus menerus sepanjang musim sepanjang tahun dan Tumpang sari serta rotasi tanaman. (13/9)

Kegiatan temu lapang yang di laksanakan diarea pesawahan Desa Wanogara Kulon Kec.Rembang Kab.Purbalingga di hadiri oleh Kepala BPTP Provinsi Jateng (Dr. Ir. Forita ), Plt.Bupati Purbalingga (Dyah Hayuning Pratiwi,SE,B.E.Con), Mewakili Dandim 0702/Pbg Pjs. Pasiter (Kapten Arh Untung Budiono), Kanit Shabara Polsek Rembang (Ipda Sukhari) yang mewakili Kapolres, Kepala Dinas Pertanian Kab. Purbalingga (Ir. Lily Purwati), Para kepala OPD Kab.Purbalingga, Forkompimcam Rembang, Kepala BP3KP Kec. Rembang (Nurohman, SP) berserta PPL, Kepala UPT Wilayah Kec.Rembang, Kades se Kec.Rembang, Ketua Gapoktan Desa Wanogara Kulon (Joko Tamtomo) beserta masyarakat Desa Wanogara Kulon.

Pada rangkaian kegiatan temu lapang Plt Bupati Purbalingga dan romobongan menyempatkan diri melaksanakan Tanam padi secara Simbolis dan di lanjutkan dengan kegiatan penyerahan bantuan Ayam Jawa Super sejumlah 50 ekor, obat-obatan, 3 kwintal Pakan ternak ayam, dan alat panen kepada kelompok Tani Desa Wanogara Kulon.

Pjs. Pasiter Kodim 0702/ Purbalingga Kapten Arh Untung Budiono pada kegiatan tersebut menuturkan, Kegiatan Temu lapang tersebut merupakan salah satu kegiatan dengan tujuan antara lain untuk mempercepat proses sosialisasi serta adopsi inovasi dan teknologi pertanian dalam mendukung tercapainya program Upsus Swasembada pangan khusnya di Kab. Purbalingga dan Provinsi Jawa Tengah pada umumnya.

Selain itu temu lapang juga sebagai sarana memantapkan petani untuk tidak ragu-ragu lagi dalam menerapkan sistim pengelolaan lahan, air, tanaman dan OPT secara terpadu dan berkelanjutan yang sudah di rencanakan dalam meningkatkan produktivitas tanaman menuju petani Purbalingga yang makmur serta mewujudkan bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing melalui jalur pertanian, ungkap Kapten Arh Untung. (arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar