Rabu, 05 September 2018

Sertu Nanang Babinsa Desa Banjarsari, Motivasi Petani Percepat Tanam Padi


PURBALINGGA. Kementerian Pertanian RI melalui TNI dan Babinsa sebagi motor dilapang terus berupaya memotivasi petani meningkatkan luas tambah tanam (LTT) khususnya di Kabupaten Purbalingga mengantisipasi musim kemarau, seperti dilakukan Penanggung Jawab Upsus Swasembada melalui Kec. Bobotsari dan Kodim 0702/Purblingga melalui Babinsa jajarannya mendorong petani di Kecamatan Bobotsari menanam padi dengan sistem tanam benih langsung, untuk mempersingkat jeda antara waktu panen dan tanam padi.

“Indeks pertanaman dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan potensi lahan semaksimal mungkin. Manfaatkan setiap jengkal tanah untuk jenis tanaman apa pun yang paling sesuai, baik dengan cara tumpang sari dengan kedelai atau salip-salipan,” tutur Babinsa Desa Banjarsari saat mengikuti rempug tani. (5/9).

Penerapannya dapat dilakukan pada agroekosistem sawah irigasi teknis, dimungkinkan pula pada lahan pasang surut dan sawah tadah hujan. Syaratnya, pengelolaan air dan penyiapan lahan dilakukan secara khusus, sementara Penerapannya tanpa melakukan persemaian dan pindah tanam sehingga lebih hemat tenaga dan waktu lebih singkat.

Di akhir penyampaiannya saat rempug tani Sertu Nanang Babinsa Desa Banjarsari mengatakan pihaknya akan selalu mendukung program LTT Kementan melalui penerapan metode yang sudah direncanakan, untuk mendukung ketersediaan air irigasi untuk memelihara tanaman yang sudah ditanam bersama para pemangku kepentingan,” kata Sertu Nanang yang akrab disapa.(arf-red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar