Selasa, 18 Desember 2018

Anggota Koramil 01/Purbalingga dan Masyarakat Kelurahan Purbalingga Kidul Sambut Gebyar Germas(gerakan masyarakat hidup sehat)




PURBALINGGA. Anggota Koramil 01/Purbalingga pada (10/12) bersama sama dengan Instansi lainnya Serta Mayarakat Purbalingga Kidul sambut pelaksanaan kegiatan Germas(gerakan masyarakat hidup sehat) di wilayahnya dengan antusias dan suka cita.

Kegiatan yang di hadiri oleh Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ, MM, Sekda Kab. Purbalingga, Para Staf Ahli Bupati Purbalingga, Para Asisten Sekda Kab. Purbalingga, para Kepala OPD Kab. Purbalingga, kepala dinas kesehatan Purbalingga Drg.Hanung wikantono MPPM, Danramil 01/Purbalingga Kapten CAJ Purwanto beserta anggotanya, Camat se Kab Purbalingga, Kapolsek Purbalingga Subagyo,SH

Pada kegiatan tersebut Danramil 01/Purbalingga Kapten Caj Purwanto menuturkan, Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain. Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktifitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Gerakan masyarakat hidup sehat” adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa ; untuk itu GERAKAN MASYARAKAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

“ Untuk mewujudkan “Gerakan masyarakat hidup sehat” perlu sebuah kampanye dan sosialisasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Kampanye dan sosialisasi ini dibutuhkan dukungan peran terkait, komitmen, guna meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat. (arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar