Senin, 03 Desember 2018

Danramil 01/Purbalingga Hadiri Peringatan Hari HIV AIDS Sedunia 2018


PURBALINGGA. Komandan Koramil 01/Purbalingga Kapten Caj Purwanto menghadiri Upacara Peringatan Hari HIV AIDS Se Dunia Tahun 2018 yang bertempat di halaman Pendopo Dipokusumo Kab. Purbalingga. (3/12)

Pada kegiatan Upacara peringatan Hari HIV AIDS Se Dunia Tahun 2018 Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM harapkan lebih dengan masyarakat peduli dengan kesehatan msing masing dan peran serta masyarakat dan komitmen para pemangku kebijakan dalam rangka memperkuat mobilisasi serta advokasi untuk mempercepat tercapainya 3 zero yaitu tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat AIDS dan tidak ada stigma dan diskriminasi.

Infeksi HIV sebagian besar menyerang kelompok usia produktif (20-49 tahun) yang berdampak pada produktifitas kerja masyarakat. Infeksi HIV telah ditemukan pula pada kelompok dengan perilaku resiko rendah seperti ibu rumah tangga dan anak-anak. Hal ini merupakan ancaman serius bagi punahnya generasi dan banyak kasus ditemukan pada fase AIDS

Merespon fenomena ini, menurut Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM, Pemerintah mengajak kepada seluruh masyarakat Purbalingga untuk berperan aktif mencegahan dan penanggulangan AIDS dan diharapkan peran semua sektor dalam merumuskan langkah-langkah strategis sesuai situasi dan kondisi masyarakat guna menekan laju epidemik HIV dan AIDS.

Bupati Mella berharap melalui peringatan Hari AIDS sedunia tahun 2018 tingkat Kabupaten Purbalingga dapat dijadikan sebagai momentum gerakan masyarakat untuk bersama-sama peduli tentang HIV, memahami pentingnya melakukan test HIV sehingga status HIV dapat segera diketahui dan bila positif dapat segera mendapatan pengobatan.

Danramil 01/Purbalingga usai kegiatan tersebut mengatakan Kabupaten Purbalingg tidak mengiginkan ada orang yang meninggal karena AIDS serta tidak ada stigma dan diskriminasi terhadap orang yang terinfeksi HIV, karena mereka bukan sampah masyarakat tetapi perlu didukung. “Ketika ada orang terdekat dicurigai penyakitnya menjurus ke HIV/AIDS maka yang perlu dilakukan adalah bagaimana membantunya mendapatkan pengobatan. Jauhi virus HIV bukan orangnya,”ujar Kapten Caj Purwanto. (arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar