Minggu, 10 Februari 2019

Babinsa Karangmanyar Dampingi Tim Dari Puskesmas Laksanakan PSN



PURBALINGGA – Di awal tahun 2019 kasus demam berdarah dengue (DBD) terus meningkat. Untuk mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD, Babinsa Kelurahan Karangmanyar Koramil 03/Kalimanah Dim 0702/Purbalingga Sersan Satu Jumadi bersama Bhabinkamtimas mendampingi tim dari Puskesmas dan Kader kesehatan desa melaksanakan PSN (Penberantasan Sarang Nyamuk) di wilayah Kelurahan Karangmanyar Kec Kalimanah Tahunan Kabupaten Purbalingga (10/2).

PSN adalah bagian dari program Dinas Kesehatan untuk memberantas sarang dan jentik-jentik nyamuk, yang telah lama diimbau untuk dilaksanakan di lingkungan masyarakat. PSN adalah cara pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien sampai saat ini.

“PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga sering kali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan,” tutur salah satu petugas kesehatan Puskesmas Kalimanah.

Sementara itu, Sertu Jumadi selaku Babinsa menambahkan bahwa, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dapat dilakukan dengan cara 3M. Mulai dari menguras, yaitu membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air, tempat penampungan air minum.

Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air. Terakhir, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD. “ Kalau lingkungan kita bersih pasti tidak akan menjadi sarang penyakit. Semoga saja kita semua selalu sehat walafiat”tuturnya.(cc.red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar