Kamis, 28 Februari 2019

Danramil 05/Bukateja Hadiri Posialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019




Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Bukateja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019 yang bertempat di Aula Pendopo Kec Bukateja Kab Purbalingga.

Ketua bawaslu Kab.purbalingga diwakili ibu Setiawati kordif SDM., dalam paparan materi menyampaikan, pengawasan partisipatif yang dimaksud ialah melibatkan masyarakat untuk menjadi manusia aktif memantau sekaligus mengawasi setiap tahapan pemilu yang berlangsung dalam lingkungannya.

Dikatakannya, untuk setiap potensi kecurangan atau pelanggaran yang terjadi, masyarakat secara aktif memiliki jalur langsung dengan pihak berwenang baik kepolisian maupun Panwas itu sendiri agar laporannya segera ditindak lanjuti.

"Jalur langsung dimaksud dapat memanfaatkan sistem komunikasi dan informasi agar efektif dan efisien," terang Setiawati kordif SDM

Dengan sistem dan jalur yang langsung, lanjut Setiawati, masyarakat akan memiliki kepercayaan dan keyakinan bahwa laporannya akan ditindaklanjuti.

Sementara Panwas Kecamatan Bukateja Sutono,S.Pd menambahkan "Satu di antara tantangan mekanisme pengawasan partisipatif ini adalah meningkatkan kemauan dan keaktifan masyarakat untuk melaporkan setiap ada pelanggaran atau kecurangan yang ditemui," jelasnya.

Membangun kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat tersebut merupakan kunci berhasil tidaknya strategi pengawasan, maka diperlukan sosialisasi yang masif dengan stekholder masyarakat, berbagai media dan alat peraga untuk memberitahu masyarakat tentang hak-hak politiknya.

Selain peningkatan kesadaran masyarakat, juga kedekatan komisioner atau anggota panitia dengan masyarakat menjadi kunci keberhasilan partisipatif.

"Masyarakat hanya akan mau mengambil inisiatif untuk terlibat dalam pengawasan pemilu secara aktif jika merasa dekat dengan Panwaslu," pungkas Sutono,S.Pd.

Pelaksanaan sosialisasi dihadiri oleh . Camat Bukateja Dedi sutono,S.Pd, Danramil 05/Bukateja Dim 0702/Purbalingga Kapten Inf Ds.Cahyadi,Kapolsek Bukateja dalam hal ini diwakili Wakapolsek Iptu Mahudi, Ketua bawaslu Kab.Purbalingga diwakili ibu Setiawati kordif SDM, Panwas Kecamatan Bukateja Sutono. S.Pd, serta Panwaslu seluruh desa Se Kec Bukateja berjumlah : 45 orang.(cc.red)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar