Rabu, 20 Februari 2019

Babinsa Koramil 01/Purbalingga Aktif Basmi Perkembangan Jentik Nyamuk





PURBALINGGA -Bintara Pembina desa (Babinsa) merupakan ujung tombak dalam pelaksana tugas dilapangan, Juga harus selalu aktif dalam mendukung berbagai program kegiatan yang dicanangkan desa binaannya. Seperti hal nya yang dilakukan Babinsa Koramil 01/Purbalingga Sersan Satu Iskandar yang selalu aktif ikut kegiatan pemantauan jentik nyamuk dan pemberantasan sarang nyamuk guna mencegah berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit DBD.

Kegiatan pemantauan jentik berkala kali ini difokuskan Rt 01 / Rw 01 Desa Jatisaba Kec. Purbalingga Kabupaten Purbalingga.

Tujuan dari pemantauan dan pemberantasan Jentik nyamuk ini adalah untuk mencegah dan meminimalisir penyakit demam berdarah dengue yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang masih tinggi untuk wilayah Jatisaba terutama di RT .01 Rw.01 ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan lingkungan dimana mereka tinggal, sebenarnya kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu masyarakat dengan tidak membuang sampah atau barang bekas sembarangan, rajin menguras bak mandi, kegiatan pencegahan ini bisa dilakukan dengan cara 3 M yaitu menutup, menguras dan mengubur

Sewrtu Iskandar pada kesempatan tersebut mengatakan dengan Cara PJB adalah dengan mengunjungi rumah atau tempat umum untuk memeriksa tempat penampungan air (TPA), non TPA, dan tempat penampungan air alamiah, didalam dan diluar rumah/bangunan serta memberikan penyuluhan tentang PSN DBD kepada keluarga.

Kegiatan yang dihadiri Pj.Kades Desa Jatisaba yang diwakili Bp Gatot Sumarsono, Tim dari kesehatan Bidan Desa Jatisaba Ibu Nurul dan Kader Kesehatan ± 20 Orang, Babinsa Desa Jatisaba Sertu Iskandar, Kadus 1 Azis Zukri serta Mahasiswa KKN dari UNSUD.(cc.red)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar