Minggu, 20 Januari 2019

Anggota Koramil 09/Karangreja Bahu Membahu Bersama Masyarakat Bersihkan Jalan Akibat Tanah Longsor


PURBALINGGA -Anggota Koramil 09/Karangreja bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga dan masyarakat bahu membahu membersihkankan tanah yang menutupi jalan akibat longsor yang terjadi di Dusun Sigupit Desa Purbasari Kec Karangjambu beberapa saat yang lalu. Akibat longsor tersebut tidak ada korban jiwa namun mengakibatkan jalan tertimbun tanah sehingga lumpuh total dan mengganggu aktifitas perekonomian warga.
Musibah tanah longsor tersebut terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang melanda daerah Karangjambu kabupaten Purbalingga sehingga mengakibatkan tanah yang berada di terbing pinggir jalan Desa Purbasari mengalami longsor dan menutup jalan yang menghubungkan antara Desa Purbasari menuju Kecamatan Karangreja dan merupakan akses satu-satunya masyarakat dalam beraktifitas sehari hari.

Megetahui kejadian longsor, Serka Eko anggota Koramil 09/Karangreja Kodim 0702/Purbalingga selaku Babinsa di wilayah tersebut selanjutnya melakukan koordinasi dengan perangkat desa setempat dan melaporkan kepada BPBD Kabupaten Purbalingga , dengan harapan segera di ambil tindakan pembersihan material longsor yang menutup jalan.

Sebelum bantuan alat berat dari BPBD datang, personil Koramil 09/Karangjambu Kodim 0702/Purbalingga bersama masyarakat hari itu juga bergerak untuk membersihkan tumpukan tanah yang menutup jalan dengan menggunakan peralatan seadanya. Mereka bersama-sama bahu membahu membersihkan tumpukan tanah dengan tujuan supaya jalan tersebut bisa segera di gunakan oleh masyarakat dalam beraktifitas.

Selanjutnya Babinsa mengusulkan dan menghimbau kepada warga untuk melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon di lereng-lereng bukit sehingga harapannya pohon yang ditanam bisa menahan tanah apabila terjadi hujan deras lagi. Melalui Kepala Desa Purbasari, warga masyarakat setempat mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada anggota Koramil 009/Karangreja dan BPBD Purbalingga atas bantuan yang telah diberikan, sehingga jalan yang tertutup tanah longsor dapat digunakan kembali oleh warganya.tutur Serda Eko.(cc.red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar