Kamis, 17 Januari 2019

Guna Cegah DBD, Babinsa Bojanegara Dampingi Pelaksanaan Fogging



PURBALINGGA - Guna mencegah merebaknya penyakit DBD  Koramil 03/Kalimanah bekerjasama dengan Puskesmas Padamara melaksanakan giat fogging di wilayah Perumahan Abdinegara Desa Bojanegara Kec.Padamara yang merupakan desa binaan Sertu Totok, Selasa (15/19).

Kegiatan fogging ini menggunakan alat fogging dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, petugas fogging dari Puskesmas Padamara serta Babinsa. Fogging difokuskan di komplek Perumahan Abdinegara Kec.Padamara.

Team fogging Puskesmas Padamara mengatakan, Demam Berdarah Dengue (DPD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Dengue yang penyebarannya melalui gigitan nyamuk Aides Aegypti. Oleh sebab itu langkah yang diambil oleh Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan perangkat desa serta Babinsa adalah melakukan tindakan pengasapan/fogging, dengan tujuan memutus siklus penyebarannya dan memberantas nyamuk tersebut agar tidak bisa berkembang biak lebih banyak,".

Sementara itu, Pelda Sukarmin mewakili Danramil 03/Kalimanah mengatakan, kegiatan fogging terhadap nyamuk DBD ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat di wilayah binaan..

Lebih lanjut Pelda Sukarmin  juga mengatakan, kegiatan fogging ini murni kegiatan teritorial kewilayahan yang sering dilaksanakan. Menurut beliau, setelah dilaksanakan giat fogging di wilayah Desa Bojanegara diharapkan terbebas dari penyakit DBD. Masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak memberi kesempatan bagi nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak, dengan cara 3 M (Menguras, Menutup dan Mengubur)," tegas Pelda Sukarmin

Bapak Agus salah satu warga Desa Bojanegara meyampaikan sangat terima kasih kepada anggota Koramil 03/Kalimanah Dim 0702/Purbalingga yang telah bekerjasama dengan Puskesmas Padamara, sehingga dapat melaksanakan Fogging di wilayah Desa Bojanegara khsusnya di wilayah Perumahan Abdinegara sehingga dapat mengurangi dari nyamuk yang sangat berbahaya. Diharapkan kegiatan fogging ini bisa berkesinambungan sehingga Desa Bojanegara terbebas penyakit Demam Berdarah (DBD)," ulas bapak Agus. (arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar