Minggu, 20 Januari 2019

Danramil 01/Purbalingga Ajak Masyaraka Galakan Program Kali Bersih (Prokasih)

 
 
PURBALINGGA, Instruksi Danramil 01/Purbalingga melalui para Babinsa jajaranya untuk menggalakkan kembali gerakan Program Kali Bersih (Prokasih) langsung ditanggapi oleh Masyarakat Kec. Purbalingga dengan langsung bersama sama Koramil 01/Purbalingga di pimpin oleh Komandan Koramil Kapten Caj Purwanto turun membersihkan sampah yang menumpuk dan mengotori aliran Sungai Kajar Kembaran Kulon. (21/1)
Berbekal golok, arit dan cangkul, warga dan anggota TNI dari Koramil 01/Purbalingga membersihkan tumpukan sampah yang menyangkut di bebatuan dan akar serta membabat rumput liar yang tumbuh di sepanjang Sungai Kajar, Tumpukkan sampah yang berhasil diangkut kemudian dibuang ke tempat sampah yang jauh dari sungai agar tidak kembali lagi saat turun hujan
Kepala Kelurahan Kembaran Kulon mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai tersebut telah gencar dilakukan Koramil bersama masyarakat Kec. Purbalingga sejak dua minggu terakhir dilakukan dengan bersama sama masyarakat dalam mewujudkan kembali program kali bersih (Prokasih).
“Hari ini dari Koramil 01/Purbalingga giliran membersihkan Sungai Kajar yang melintasi Kelurahan Kembaran Kulon diikuti kurang lebih sekitar 50 orang lapisan masyarakat mulai dari aparat pemerintahan Kel. Kembaran Kulon, Karang Taruna, Ibu-ibu PKK dan masyarakat sekitar sungai,” ungkap Kepala Kel. Kembaran Kulon
Pada Kesempatan yang sama Danramil 01/Purbalingga juga menuturkan, untuk menjaga kebersihan sungai di wilayah Kec. Purbalingga, rencananya kegiatan Prokasih ini akan terus dilaksanakan rutin setiap satu minggu sekali. Namun yang terpenting, kata Danramil kesadaran masyarakat untuk berhenti membuang sampah ke sungai dan meminta partisipasinya dalam menjaga kelestarian sungai.
“Dengan kegiatan bersih-bersih ini diharapkan dapat menyadarkan warga untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai. Sebagai solusinya sudah ada petugas pengangkut sampah yang rutin mendatangi rumah-rumah warga, sehingga mereka tak perlu lagi repot buang ke sungai,” kata Dewi.
pada kegiatan Pro Kasih juga yang sedang gencar di lakukan Koramil 01/Purbalingga Bukan hanya pembersihan sungai, pada kegiatan tersebut juga membuat tanggul penahan air dari karung bekas yang di isi pasir dan tanah guna mencegah terjadinya longsor di pinggiran sungai
“ Ditambahkan Danramil Purbalingga, demi suksesnya program kali bersih tersebut perlu mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat termasuk mereka yang berada di sekitar tepi sungai. Untuk itu, pihaknya bukan hanya membantu mensosialisasikan program tersebut kepada setiap desa yang ada di Kecamatan Purbalingga. Tetapi pihakanya terjun langsung bersama sama masyarakat membersihkan sungai di sekitar Kec. Purbalingga dalam mewujudkan lingkungan air bersih dan masyarakat Purbalingga yang sehat,” ujar Danramil. (cc.red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar