Senin, 01 Oktober 2018

Kodim 0702/Purbalingga Gelar Upacara Hari Kesaktian Panasila


PURBALINGGA. Personel Kodim 0702/Purbalingga yang terdiri dari prajurit militer baik Perwira, Bintara dan Tamtama, maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) serta anggota Minvetcad Purbalingga mengikuti upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila, di lapangan apel Makodim 0702/Purbalingga. (1/10)
Peringatan Hari Kesaktian Pascasila ini bercikal bakal pada peristiwa 30 September 1965, di mana enam jendral dan beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta yang dilakukan oleh PKI, peristiwa bersejarah ini merupakan masa kelam yang terjadi terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia.
Hari Kesaktian Pancasila, seluruh peserta upacara mengucapkan Pancasila kalimat per kalimat dengan penuh semangat dan rasa memiliki, yang dipimpin langsung Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Andy Bagus D.A. S.IP selaku Inspektur Upacara.
usai melaksanakan kegiatan upacara Dandim 0702/Purbalingga menuturkana kepada anggotanya bahwa upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum menumbuhkan rasa nasionalisme sebagai bangsa yang merdeka dan sekaligus mengenang kembali jati diri sebagai suatu bangsa, dimana Pancasila sebagai falsafah ideologi dan alat pemersatunya "Center Of Gravity".
Walau bangsa Indonesia memiliki keberagaman suku, agama dan ras, namun kondisi kompleksitas bangsa ini, mutlak dapat dipersatukan melalui nilai-nilai dasar Pancasila,” ujarnya. 
“Hal ini, menjadi ikrar bagi bangsa Indonesia, untuk bersatu dan memiliki komitment dalam membangun bangsa Indonesia, melalui karya dan kerja nyata secara positif, wujudkan bangsa Indonesia yang maju dan bermartabat serta diperhitungkan oleh bangsa lain dalam pergaulan internasional.
Di akhir penyampaiannya Dandim mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk sejenak mengheningkan cipta serya mendoakan kepada saudara kita yang ditimpah musibah di Lombok, dan baru beberapa hari lalu saudara-saudara kita di Palu, Donggala dan Mamuju Sulawesi Tengah.
Dan kepada rekan rekan Prajurit serta unsur lainnya yang saat ini diterjunkan membantu para korban gempa dan sunami senantia di berikan kekuat dan kesahatan dalam melaksanakan tugas yang diberikan. (arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar